Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Menjaga Kesehatan Mata Anak

09 Sep, 2020

SARIASIH.com - Kesehatan mata merupakan hal yang penting bagi anak, karena berperan penting dalam proses tumbuh kembangnya. Ada beragam dampak yang dapat dirasakan anak apabila anak mengalami gangguan kesehatan mata. Mulai dari kesulitan membaca, hingga hambatan dalam mempelajari berbagai hal. Berikut berbagai cara yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam menjaga kesehatan mata anak :

  • Stimulasi penglihatan anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menstimulasi penglihatan anak adalah dengan memberikan stimulus berupa mainan yang menarik dengan berbagai bentuk dan warna. Pastikan mainan yang diberikan aman untuk anak.
  • Konsumsi makanan bergizi. Konsumsi makanan bergizi untuk menjaga kesehatan mata bisa dilakukan sejak anak masih dalam kandungan. Saat hamil, Bunda disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan omega-3, seperti ubi jalar, ikan salmon, wortel, dan bayam. Nah, setelah Si Kecil bisa mengonsumsi beragam makanan pendamping ASI, Bunda dapat memberikan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin E, zinc, dan omega 3. Termasuk telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan susu.
  • Batasi penggunaan gadget. Saat ini, keberadaan gadget sudah sulit dipisahkan dari anak. Padahal, penggunaan gadget yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada mata, seperti mata lelah, gangguan ketajaman penglihatan, dan mata kering. Untuk mencegahnya, disarankan untuk membatasi penggunaan gadget menjadi 1-2 jam per hari. Jelaskan pada Si Kecil mengenai porsi waktu penggunaan gadget, dengan konsep yang mudah dimengerti. Pastikan waktu penggunaan gadget tidak mengganggu kewajiban di sekolah, waktu untuk keluarga, waktu makan, dan waktu tidur anak.
  • Gunakan kacamata hitam saat di luar ruangan Anak disarankan menggunakan kacamata hitam apabila akan lama beraktivitas di bawah terik matahari. Karena dampak negatif paparan sinar matahari langsung pada mata, dapat menyebabkan kerusakan pada kornea dan retina mata. Selain itu, Bunda bisa mencegah Si Kecil beraktivitas di luar ruangan saat sinar matahari sedang sangat terik, yaitu pada pukul 11.00 hingga 15.00.
  • Rutin memeriksakan kesehatan mata. Yaitu minimal 2 tahun sekali. Hal ini bermanfaat untuk mencegah juga untuk menangani gangguan mata yang diderita anak. Semakin cepat dideteksi, diharapkan gangguan tersebut dapat cepat diatasi. Jangan lupa ingatkan Si Kecil untuk istirahat yang cukup. Umumnya, penglihatan anak sudah berfungsi sepenuhnya setelah usia tujuh tahun.

Semoga bermanfaat.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Abdul Samad , SpOG
dr. Abdul Samad , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr.. Nabila Nur Bilqis Islamy , SpKJ
dr.. Nabila Nur Bilqis Islamy , SpKJ
Psikiatri
dr. Sotya Prasari, M.Sc, Sp.KK
dr. Sotya Prasari, M.Sc, Sp.KK
Kulit & Kelamin
dr. Mohammad Afien Mukti , Sp.P
dr. Mohammad Afien Mukti , Sp.P
Paru
dr. Estu Ratnangganajati , Sp.KK
dr. Estu Ratnangganajati , Sp.KK
Kulit & Kelamin
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok