Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Menghilangi Rasa Nyeri Saat Menstruasi

18 Feb, 2020

SARIASIH.com – Menstruasi menjadi hal yang pasti dialami setiap wanita setiap bulannya. Kondisi yang seringkali disebut dismenore ini terkadang menimbulkan rasa nyeri di perut bagian bawah.

Sebagian wanita terkadang mengalaminya dengan sifat yang ringan namun tidak jarang juga berlebihan hingga membuat aktivitas terganggu. Perlu diketahui hal tersebut adalah hal yang normal.

Rasa nyeri ditimbulkan karena rahim melepaskan lapisan alami setiap bulan ketika otot-otot rahim mengalami kontraksi. Pembuluh darah yang disuplai ke rahim akan menjadi sempit. Karena aliran darah akan berkurang sehingga mengakibatkan rasa sakit yang muncul.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar mengurangi nyeri yang dirasakan dengan, pertama, minum air hangat. Pertama, dehidrasi menjadi salah satu penyebab otot di perut menjadi kram. Sehingga tubuh perlu hidrasi baik dengan konsumsi air putih.

Kedua, olahraga secara rutin. Berolahraga akan membuat peredaran darah menjadi lancar dan meningkatkan endorfin pada tubuh, yang mana hormon tersebut adalah pereda nyeri alami.

Ketiga, hindari makanan dan minuman tertentu. Terdapat beberapa asupan yang perlu diminimalisir untuk dikonsumsi seperti makanan berlemak, mengandung gula, dan tinggi garam. Hal tersebut dapat menyebabkan penumpukan air dalam tubuh dan membuat perut kembung sehingga memperparah nyeri yang dialami.

Selain itu, minuman soda, alkohol atau yang mengandung kafein juga perlu dihindari. Selain mengandung gula, kafein pada kopi bisa membuat rasa kram dan nyeri otot semakin serius.

Keempat, mengompres dengan air hangat. Cara yang paling umum dilakukan dengan menempelkan botol atau bantalan yang berisis air hangat. Rasa panas yang dihasilkan dapat membuat otot rahim menjadi lemas dan bisa mengurangi rasa sakit.

Kelima, kurangi stres. Ketika stres maka secara otomatis bisa membuat kram perut menjadi lebih terasa sakit. Sehingga perlu adanya aktivitas menyenangkan dan mudah agar stres hilang.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
Dr. D. Fitria , SpB
Dr. D. Fitria , SpB
Bedah Umum
dr. I.K Astuti. Dr. Sp.P
dr. I.K Astuti. Dr. Sp.P
Paru
dr. Rifwanul Basir Nasution , SpB
Bedah Umum
drg. Eni Fatiha Sumita
drg. Eni Fatiha Sumita
Gigi
dr. Mochamad Sri Arya Heriawan , Sp.BS, FICS
Bedah Saraf
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok