Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Menggunakan Masker Mampu Cegah Infeksi yang Menyebar Melalui Udara

24 Aug, 2023

SARIASIH.com - Pencegahan infeksi saluran pernafasan sangat penting untuk menjaga kesehatan juga mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko terjangkit infeksi saluran pernafasan:

  1. Cuci Tangan Secara Rutin: Cuci tangan dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik, terutama setelah bersin atau batuk, sebelum makan, dan setelah menggunakan toilet. Jika air dan sabun tidak tersedia, gunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol.
  2. Hindari Kontak Dekat dengan Orang Sakit: Jika ada seseorang sedang sakit dengan gejala infeksi saluran pernafasan, hindari kontak fisik dekat dengan mereka, seperti berjabat tangan atau pelukan.
  3. Gunakan Masker: Saat berada di lingkungan umum atau berinteraksi dengan orang lain, kenakan masker wajah, terutama jika Anda sendiri sedang sakit. Masker membantu mencegah penyebaran droplet yang mengandung virus atau bakteri.
  4. Hindari Menyentuh Wajah: Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci. Ini dapat mencegah virus atau bakteri dari tangan masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernafasan.
  5. Praktik Batuk dan Bersin yang Baik: Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan lengan bagian dalam siku atau dengan tisu. Buang tisu yang digunakan dengan benar dan segera cuci tangan.
  6. Jaga Kebersihan Lingkungan: Pastikan area sekitar kita beraktivitas bersih dan teratur. Bersihkan permukaan yang sering disentuh, seperti gagang pintu, tombol lift, dan meja, secara rutin.
  7. Tetap Jaga Jarak: Hindari kerumunan dan usahakan menjaga jarak fisik setidaknya 1 meter dari orang lain, terutama jika berada di tempat umum dan padat.
  8. Lakukan Vaksinasi: Vaksinasi adalah salah satu cara efektif untuk melindungi diri dari beberapa jenis infeksi saluran pernafasan, seperti flu dan COVID-19.
  9. Menerapkan Gaya Hidup Sehat: Menerapkan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan seimbang, berolahraga secara teratur, cukup tidur, dan mengelola stres, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.
  10. Hindari Perjalanan Saat Sakit: Jika sedang sakit, sebaiknya hindari bepergian atau berada di tempat umum untuk mencegah penyebaran infeksi.

“Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan tersebut kita dapat mengurangi risiko terjangkit infeksi saluran pernafasan dan melindungi kesehatan kita serta kesehatan orang lain di sekitar kita,” ujar Dokter Umum RS Sari Asih Sangiang, Kota Tangerang, Dr Firda Fauziyah.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. M Arif Rahman.AM , Sp.OG
dr. M Arif Rahman.AM , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
.. Evit Siti Fitri Cahyati , Amd.Gz
.. Evit Siti Fitri Cahyati , Amd.Gz
Gizi
dr. Kiki Maharani , Sp.PD
dr. Kiki Maharani , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Janti Ijas , Sp.KJ
dr. Janti Ijas , Sp.KJ
Psikiatri
Dr. Prawitasari Eviarini , SpPD
Dr. Prawitasari Eviarini , SpPD
Penyakit Dalam
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok