Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Mengenal Spirometri

18 Aug, 2023

Fungsi dan Manfaat Spirometri untuk Paru-paru

SARIASIH.com - Spirometri adalah tes pernapasan yang digunakan untuk mengukur seberapa baik paru-paru Anda bekerja dengan mengukur volume dan kecepatan udara yang Anda hembuskan dan hirup. Tes ini membantu mengidentifikasi masalah pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, fibrosis paru, dan gangguan pernapasan lainnya.

Selama tes spirometri, anda diminta untuk menghembuskan dan menghirup udara ke dalam perangkat yang disebut spirometer. Proses ini menghasilkan kurva yang mencatat perubahan volume udara dalam waktu tertentu. Data dari tes ini digunakan untuk mengukur parameter seperti:

  1. Kapasitas Vital (VC): Ini adalah jumlah maksimal udara yang dapat dikeluarkan dari paru-paru setelah inhalasi maksimal.
  2. Volume Ekspirasi Paksa Kedua (FEV1): Ini adalah jumlah udara yang dapat dikeluarkan dalam 1 detik terakhir dari hembusan maksimal setelah inhalasi maksimal. FEV1 digunakan untuk memantau pernapasan yang terhambat, seperti pada kasus PPOK.
  3. Rasio FEV1/FVC: Rasio ini mengukur seberapa besar persentase udara yang dapat dikeluarkan dalam 1 detik terakhir (FEV1) dibandingkan dengan kapasitas vital (FVC). Rasio ini membantu mengidentifikasi adanya penyempitan saluran napas yang bisa menjadi tanda kondisi seperti asma.
  4. Volume Ekspirasi Paksa Pertama dalam 1 detik (FEV1/FEV): Ini adalah jumlah udara yang dapat dikeluarkan dalam 1 detik pertama dari hembusan maksimal setelah inhalasi maksimal. Ini bisa membantu dalam mengevaluasi hambatan aliran udara di saluran napas.

Spirometri adalah tes yang umum digunakan dalam evaluasi gangguan pernapasan, membantu dokter untuk memahami bagaimana fungsi pernapasan pasien dan mengidentifikasi masalah potensial. Jika direkomendasikan untuk menjalani tes spirometri, penting untuk mengikuti petunjuk dokter atau profesional medis yang melakukan tes tersebut.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
drg. Siti Uliyah
Gigi
dr. Dhika Prabu Armadhanu, Dr. Sp.OG
dr. Dhika Prabu Armadhanu, Dr. Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
Dr. Laura Bertha Rachel Sihaloho , SpKFR
Dr. Laura Bertha Rachel Sihaloho , SpKFR
Rehabilitasi Medik
dr. Winarno , Sp.B
dr. Winarno , Sp.B
Bedah Umum
dr. Suryaman , Sp. OG
dr. Suryaman , Sp. OG
Kebidanan dan Kandungan
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok