Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Katarak Dan Gejalanya

17 Jul, 2018

SARIASIH.com – World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa katarak adalah salah satu penyakit yang berkontribusi menjadi penyebab utama kebutaan disemua negara. Di perkirakan pengidap katarak di Indonesia terdapat 210.000 orang yang muncul setiap tahunnya.

Katarak merupakan  penyakit sangat dipengaruhi oleh faktor usia, karena itu kondisinya akan terus meningkat sejalan dengan bertambahnya umur. Katarak bisa diderita siapa saja termasuk bayi dan ana-anak, walaupun hal tersebut masuk kedalam kategori yang jarang dijumpai.

Pada dasarnya katarak adalah suatu keadaan dimana terdapatnya bagian keruh pada lensa mata. Penderita akan merasa kejernihan penglihatan akan berkurang karena cahaya yang masuk ke mata terhalang.

Penyebab seseorang menderita katarak biasanya karena faktor usia, dimana adanya protein yang menggumpal sehingga fungsi mata lambat-laun akan menurun. Kedua, bawaan. Sebagian bayi yang terlahir dengan katarak lantaran karena infeksi, cedera atau perkembangannya yang buruk ketika di dalam rahim.

Ketiga, alkohol. Dilansir dari American Optometric Association, beberapa penelitian menunjukan pembentukan katarak meningkat ketika penderita biasa mengonsumsi alkohol.  Sekalipunn hanya dengan jumlah sedikit ataupun berhenti total.

Keempat, kekurangan nutrisi. Walaupun hasilnya belum dapat dipastika tetapi ada sebuah penelitian yang menunjukan hubungan antara pembentukan katarak karena rendahnya mengonsumsi vitamin C, vitamin E dan karotenoid.

Kelima, sinar ultra violet. Studi menunjukan terbukanya peluang seseorang mengidap katarak jika terpapar sinar ultra violet (UV).

Tidak ada pembuktian secara pasti bagaimana seseorang bisa mencegah agar terhindar dari katarak atau memperlambat perkembangannya. Tetapi ada anjuran yang direkomendasikan para dokter sebagai sikap preventif yang bisa dilakuakan. Diantaranya, melakukan pemerikasaan mata secara berkala.

Berhenti merokok, karena rokok disinyalir dapat menyebabkan katarak. Perlu adanya pengelolaan masalah kesehatan lainnya, seperti mengikuti rawat jalan jika mengalami diabetes atau kondisi medis lainnya yang bisa meningkatkan risiko katarak.

Memilih diet yang sehat dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Karena antioksidan yang terkandung dapat menjaga kesehatan mata. Terakhir, pemakaian kaca mata hitam sebagai penghalang mata terkena sinar UV.

Katarak adalah salah satu kondisi yang perlu mendapatkan intervensi dokter segera mungkin. Jika Anda penderitanya RS Sari Asih memiliki dokter spesialis matayang kompeten dan ahli di bidangnya. Jadwal praktek dan booking bisa di ketahui melalui situs www.sariasih.com.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
drg. Rica Octaviani
Gigi
dr. Bonnie Arseno , SpA
dr. Bonnie Arseno , SpA
Anak
dr. Anggitya Rullantika,SpM
dr. Anggitya Rullantika,SpM
Mata
dr. Rahardi Mokhtar , SpA
dr. Rahardi Mokhtar , SpA
Anak
dr. Fitria Chandra Nugraheni , SpS
dr. Fitria Chandra Nugraheni , SpS
Saraf
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok