Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Mengenal Alzheimer, Gejala dan Penanganannya

20 Sep, 2023

SARIASIH.com - Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan umumnya terjadi pada usia lanjut. Penyakit Alzheimer mempengaruhi otak dan menyebabkan gangguan progresif dalam kognisi, perilaku, dan kemampuan fungsi sehari-hari seseorang.

Dokter Spesialis Saraf RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, dr Khristi Handayani, Sp.S, mengatakan, Alzheimer merupakan penyakit otak yang terjadi sangat progresif yang jika dibiarkan semakin lama akan semakin berat dan kondisinya menetap dan secara perlahan akan merusak fungsi memori dan fungsi berpikir yang kemudian diikuti dengan ketidak  mampuan melakukan hal-hal yang sederhana.

Gejala-gejala utama penyakit Alzheimer meliputi:

  1. Kehilangan Ingatan: Orang yang menderita Alzheimer sering mengalami kesulitan dalam mengingat informasi baru atau mengingat peristiwa-peristiwa masa lalu. Kehilangan ingatan ini dapat menjadi semakin buruk seiring berjalannya waktu.
  2. Kesulitan Berbicara dan Memahami Bahasa: Penderita Alzheimer dapat mengalami kesulitan dalam berbicara, memahami kata-kata, atau menemukan kata-kata yang tepat saat berbicara.
  3. Gangguan Berpikir dan Penilaian: Kemampuan berpikir abstrak dan melakukan penilaian yang tepat sering terganggu pada Alzheimer.
  4. Kehilangan Kemampuan Menyelesaikan Tugas Sehari-hari: Orang dengan Alzheimer mungkin kesulitan dalam melakukan tugas-tugas sehari-hari seperti berpakaian, mandi, dan memasak.
  5. Perubahan Perilaku dan Kepribadian: Penderita Alzheimer bisa mengalami perubahan kepribadian, seperti menjadi cemas, gelisah, atau agresif.
  6. Kehilangan Kemampuan Mengenali Orang dan Tempat: Pada tahap yang lebih lanjut, mereka mungkin kesulitan mengenali anggota keluarga dan tempat-tempat yang seharusnya mereka kenal.

Penyebab pasti Alzheimer masih belum sepenuhnya dipahami, tetapi ada indikasi bahwa perubahan struktural dalam otak, seperti akumulasi plak beta-amiloid dan jeratan neurofibril (fibril neurologis yang terkelompok), serta perubahan kimia dalam otak, memainkan peran penting dalam perkembangannya.

“Alzheimer adalah penyakit yang progresif, artinya gejalanya memburuk seiring waktu. Saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan Alzheimer, tetapi ada pengobatan dan perawatan yang dapat membantu mengelola gejalanya,” ujar dr Khristi Handayani .

Beberapa metode pengananan pasien dengan alzheimer yaitu dengan obat-obatan dan terapi. obat-obatan untuk memperlambat perburukan alzheimer sedangkan terapi dilakukan untuk melatih fungsi memori

“Yang lebih utama lagi adalah adanya dukungan keluarga untuk menjaga kondisi mood penderita agar stabil dan merasa nyaman,” sebut dr Khristi Handayani, Sp.S.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Fitria Chandra Nugraheni , SpS
dr. Fitria Chandra Nugraheni , SpS
Saraf
dr. Aprida Situngkir , SpS
dr. Aprida Situngkir , SpS
Saraf
dr. Poppy Chandra Dewi , SpS, MSc, FIPP, FIN
dr. Poppy Chandra Dewi , SpS, MSc, FIPP, FIN
Saraf
dr. Khristi Handayani , SpS
dr. Khristi Handayani , SpS
Saraf
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok