Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Mengatasi Hipoglikemia dengan Asupan Glukosa

18 Dec, 2023

SARIASIH.com - Hipoglikemia adalah kondisi di mana kadar glukosa (gula) dalam darah turun di bawah batas normal. Glukosa adalah sumber utama energi untuk tubuh, terutama otak. 

Kadar glukosa yang rendah dapat menyebabkan berbagai gejala yang melibatkan berbagai sistem tubuh. Beberapa gejala hipoglikemia dapat meliputi: 

  1. Gemetar atau gemetaran
  2. Keringat dingin
  3. Pusing atau pingsan
  4. Kebingungan
  5. Sakit kepala
  6. Nyeri otot
  7. Nafsu makan yang meningkat
  8. Perubahan suasana hati 

Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Sari Asih Cipondoh, Kota Tangerang, dr. Yusi Deviana Nawawi, M. Gizi, SpGK, menyebutkan Hipoglikemia biasa terjadi pada pada individu yang berisiko tinggi, seperti pasien dengan diabetes melitus terutama yang menggunakan insulin. 

Namun, pada beberapa kasus, kondisi ini juga dapat terjadi pada orang yang tidak memiliki diabetes. Jika mengalami gejala hipoglikemia, penting untuk segera meningkatkan kadar gula darah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung glukosa. 

Untuk meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, kita dapat mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung glukosa atau gula sederhana. Berikut beberapa pilihan yang dapat membantu meningkatkan kadar gula darah menurut dr. Yusi Deviana Nawawi, M. Gizi, SpGK: 

Gula atau gula merah: Mengunyah atau menelan beberapa sendok teh gula atau gula merah dapat memberikan peningkatan gula darah. 

Madu atau sirup maple: Makan sedikit madu atau sirup maple dapat memberikan glukosa tambahan. 

Jus buah: Jus buah yang tidak dicampur dengan pemanis tambahan dapat meningkatkan kadar gula darah. Pilih jus buah alami tanpa tambahan gula. 

Glukosa cair atau tablet glukosa: Produk-produk ini dirancang khusus untuk meningkatkan kadar gula darah dan biasanya tersedia di apotek. Mereka cepat diserap oleh tubuh. 

Permen atau permen karet ber gula: Makan permen atau permen karet yang mengandung gula sederhana juga dapat membantu meningkatkan gula darah. 

Minuman bersoda berkalori: Minuman bersoda biasa yang mengandung gula dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Namun, ini bukan pilihan yang sehat karena minuman bersoda seringkali tinggi gula dan rendah nutrisi. 

“Meski demikian, untuk sementara makanan atau minuman ini dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan sebaiknya digunakan dengan bijak serta tidak secara berlebihan,” ujar dr. Yusi Deviana Nawawi, M. Gizi, SpGK. 

Pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan saran yang sesuai, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok