Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Mencegah Pneumonia pada Anak dengan Imunisasi PCV

20 Dec, 2023

SARIASIH.com – Akhir-akhir ini kasus pneumonia merebak kembali di tengah masyarakat, jumlah kasusnya sudah mulai meningkat, terutama pada anak anak. Pneumonia adalah suatu kondisi peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur.

Gejala umum pneumonia meliputi demam, batuk, sesak napas, dan rasa nyeri pada dada. Pneumonia dapat mempengaruhi orang dari segala usia, tetapi anak-anak, orang tua, dan individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah biasanya lebih rentan terhadap infeksi ini.

Dokter Spesialis Anak RS Sari Asih Karawaci, Kota Tangerang, dr Iqbal Zein Assyidiqie, Sp.A, menerangkan jika gejala pneumonia pada anak memiliki beberapa variasi dari mulai ringan hingga berat.

“Gejala khasnya seperti pilek dan batuk, demam tinggi hingga sesak nafas,” ujar dr Iqbal Zein Assyidiqie, Sp.A.

Dokter Iqbal pun menjelaskan penanganan pneumonia pada anak jika terjadi harus dilihat dari derajat gejalanya. Bila gejalanya ringan, cukup dengan melakukan perawatan di rumah, namun jika gejalanya memberat seperti demam tinggi, nafas berat dan tidak mau makan sebaiknya dibawa ke fasilitas Kesehatan terdekat.

“Kondisi yang memberat seperti demam tinggi, nafas berat dan tidak mau makan sebaiknya dilakukan rawat inap di fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pengobatan sesuai penyebabnya,” terang dr Iqbal Zein Assyidiqie, Sp.A.  

Mencegah itu lebih baik sebelum terlambat, merupakan kalimat bijak dari orang tua dulu, untuk itu dr Iqbal Zein Assyidiqie, Sp.A, pun memberikan tips untuk mencegah pneumonia pada anak agar para orang tua dapat lebih waspada dan peduli terhadap kesehatan anak.

Pencegahan yang bisa dilakukan di rumah agar terhindar dari pneumonia diterangkan dr Iqbal Zein Assyidiqie, Sp.A, ialah sebagai berikut :

  1. Menggunakan masker
  2. Menjaga jarak dari orang sekitar yang sedang sakit batuk dan pilek
  3. Menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir
  4. Rutin melakukan vaksinasi dan imunisasi, yang salah satunya adalah imunisasi PVC. Imunisasi PCV dapat mencegah pneumonia atau infeksi pneumopocus pada anak.

Ia pun menyarankan jika anak mengalami gejala-gejala pneumonia segera lakukan konsultasi dengan ahli medis terdekat untuk mendapatkan solusi terbaik.

 

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Rahardi Mokhtar , SpA
dr. Rahardi Mokhtar , SpA
Anak
dr. Widyastuti, Sp.A
dr. Widyastuti, Sp.A
Anak
dr. H. Mahruzzaman Naim Sp.A
dr. H. Mahruzzaman Naim Sp.A
Anak
dr. Miky Akbar, M.Ked (Ped) , SpA
dr. Miky Akbar, M.Ked (Ped) , SpA
Anak
dr. Beatrix Siregar , M.Ked (Ped), SpA
dr. Beatrix Siregar , M.Ked (Ped), SpA
Anak
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok