Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Mencegah Anak Batuk Pilek saat Musim Hujan

15 Mar, 2024

SARIASIH.com - Musim hujan seringkali memicu peningkatan risiko penyakit flu dan batuk pada anak-anak. Sejumlah alasan banyak mendukung hal ini seperti kondisi lingkungan yang seringkali membawa suhu yang lebih dingin dan lembab sehingga cocok bagi virus untuk berkembang biak dan menyebar.

Kurangnya paparan sinar matahari selama musim hujan dapat mengurangi kadar vitamin dalam tubuh yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga membuat anak-anak lebih rentan terhadap infeksi.

Seringnya anak-anak berkumpul di ruang tertutup seperti ruang kelas dan tempat bermain kala hujan memudahkan penularan penyakit dari satu anak ke anak lainnya. Ini juga akibat kurangnya ventilasi udara segar.

Hal yang lebih sering terjadi adalah akibat anak-anak kurang menjaga kebersihan secara optomal akibat cuaca buruk, termasuk enggan mencuci tangan dan bersih-bersih secara teratur setelah terpapar becek dan air hujan secara langsung.

Dokter Spesialis Anak RS Sari Asih Karawaci, Kota Tangerang, dr Iqbal Zein Assyidiqie, SpA, merasa orang tua sangat berperan penting untuk upaya pencegahan selama musim hujan dengan mengajarkan anak-anak untuk menjaga kebersihan diri, memastikan mereka tetap hangat dan kering, serta memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh mereka.

“Ajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan di air yang mengalir dan sabun atau hand sanitizer,” ujar dr Iqbal Zein Assyidiqie, SpA.

Selain menjaga kebersihan, orang tua juga bisa mengajarkan etika batuk dan bersin yang baik kepada anak-anak seperti menutup mulut menggunakan satu tangan atu tissue dan atau lengan siku saat batuk dan bersin.

Kemudian jika memang sedang mengalami batuk dan bersin ada baiknya anak-anak diminta untuk menggunakan masker baik saat berada di dalam maupun luar ruangan, dan bisa juga digunakan untuk mencegah penularan saat berada di luar ruangan.

“Yang perlu diperhatikan ialah memberikan nutrisi yang seimbang, asupan cairan yang cukup, istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh menjadi lebih optimal untuk melawan kuman. Dan jika perlu diberikan bantuan suplemen vitamin, namun hal ini perlu dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter vitamin seperti apa yang cocok untuk anak-anak,” jelas dr Iqbal Zein Assyidiqie, SpA.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. H. Didik Wijayanto, Sp.A
dr. H. Didik Wijayanto, Sp.A
Anak
dr. Beatrix Siregar , M.Ked (Ped), SpA
dr. Beatrix Siregar , M.Ked (Ped), SpA
Anak
dr. Widyastuti, Sp.A
dr. Widyastuti, Sp.A
Anak
dr. H. Mahruzzaman Naim Sp.A
dr. H. Mahruzzaman Naim Sp.A
Anak
dr. Miky Akbar, M.Ked (Ped) , SpA
dr. Miky Akbar, M.Ked (Ped) , SpA
Anak
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok