Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

18 May, 2018

SARIASIH.com - Ketika Ramadhan tiba maka seluruh aktivitas seorang muslim akan berubah mulai dari jam makan, tidur hingga ibadah. Baik jasmani dan rohani sangatlah perlu untuk dipersiapkan demi memaksimalkan ibadah yang datangnya hanya satu tahun sekali.

Kewajiban untuk berpuasa selama satu bulan penuh menjadikan sebagian masyarakat membutuhkan waktu penyesuaian diri untuk bisa menahan lapar dan dahaga disetiap harinya.

Tidak ada ibadah yang tidak memiliki manfaat tersendiri bagi pelakunya, mulai dari berwudhu, gerakan shalat, bangun untuk tahajud dan tidak terkecuali berpuasa. Di dalam dunia kesehatan menahan lapar dan dahaga ketika berpuasa itu memang sudah diakui baik untuk kesehatan.

Semakin berkembangnya zaman, khasiat puasa juga sudah terbukti secara ilmiah. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Yale School of Medicine yang dipublikasikan oleh Nature Medicine menyatakan bahwa puasa memiliki efek anti inflamasi yang berfungsi untuk menurunkan risiko terjadinya aterosklerosis dan penyakit Alzheimer.

Menurut beberapa penelitian lainnya puasa juga dapat dibuktikan secara alamiah, dimana orang yang berpuasa akan mengalami peremajaan kembali dan perpanjangan harapan hidup.

Metabolisme yang lebih rendah, produksi protein yang lebih efisien, meningkatnya sistem kekebalan dan bertambahnya produksi hormon sangat berkontribusi terhadap manfaat puasa.

Saat ini juga banyak pengobatan penyakit Diabetes Mellitus dengan mengikuti “Sistem Puasa” selam 10-20 jam. Metode ini telah mencapai hasil yang menakjubkan dalam pengobatan tanpa menggunakan obat kimiawi.

Manfaat yang dirasa tentulah bergantung dengan apa yang dikonsumsi sesuai dengan kaidah agama dan kesehatan. Karena jika tetap mengadopsi makan yang berlebihan ketika berbuka, maka dampaknya tidak akan begitu terasa.

Adapun yang perlu diperhatikan ketika menunaikan ibadah ini adalah minum yang cukup, konsumsi makanan yang memenuhi standar gizi, ketika berbuka makan secara bertahap, mengonsumsi kurma untuk menambah energi dan berolah raga dengan gerakan yang ringan.

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai apa saja yang harus dikonsumsi pada saat bulan Ramadhan, anda bisa mendatangi RS Sari Asih untuk mendapatkan saran dan solusinya. Kami memiliki dokter yang kompeten dan ahli di bidangnya. Jadwal praktek dan booking bisa di ketahui melalui situs www.sariasih.com dan jika anda berlokasi di daerah Ciputat, RS. Sari Asih juga menyedikan nomer WhatsaApp 0815 8700 700 untuk memudahkan Anda menghubungi kami.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Indra Wahyu Ali , Sp.KO,Sp.OG
dr. Indra Wahyu Ali , Sp.KO,Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Muhammad Ichsan Fachrudin Firdaus , SpBS
dr. Muhammad Ichsan Fachrudin Firdaus , SpBS
Bedah Saraf
dr. H. Agus Hermawan, Sp.OG
dr. H. Agus Hermawan, Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
drg. Gia Andriani
drg. Gia Andriani
Gigi
dr. Suharto , Sp. THT
dr. Suharto , Sp. THT
THT
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok