Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Manfaat Meminum Air Putih Sebelum Tidur

09 Oct, 2020

SARIASIH.comAir menjadi elemen yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa air tentunya kita akan merasakan dehidrasi. Air bukan saja berperan sebagai penghilang rasa haus. Lebih dari itu, air juga sebagai pelarut universal karena sebagian besar senyawa kimia dapat larut dalam air. Tubuh manusia sendiri terdiri dari 70 persen air dan setidaknya memerlukan sekitar 2 liter atau 8-10 gelas air per hari.

Namun sangat disayangkan, karena masih banyak orang kiranya sering lupa atau abai untuk minum air putih secara teratur dengan beragam alasan. Padahal dari segelas air putih, ada banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Agar tubuh Anda tetap sehat karena asupan air, salah satunya dapat mencoba membiasakan diri untuk mengonsumsi air putih sebelum tidur karena aktivitas ini bahkan bukan hanya dapat membantu tubuh tetap terhidrasi pada malam hari. Berikut beberapa manfaat jika meminum air putih sebelum tidur :

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Melansir laman resmi Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes RI, minum air putih pada malam hari sebelum tidur bermanfaat untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Sementara, menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Hal ini dikarenakan, hidrasi memainkan peran penting dalam menjaga tubuh tetap sehat dan memastikan semua fungsi organ berjalan semestinya.

  1. Membantu melancarkan proses regenerasi sel

Manfaat selanjutnya ketika membiasakan diri untuk minum air putih sebelum tidur adalah dapat membantu melancarkan proses regenerasi sel hal ini karena minum air putih pada dasarnya akan memastikan darah membawa banyak oksigen yang kemudian didistribusikan ke sel-sel di seluruh tubuh.

  1. Membantu proses pembersihan racun


Minum air putih sebelum tidur akan membuat Anda terhidrasi sepanjang malam dan dapat membantu tubuh untuk membersihkan diri dari racun yang tidak diinginkan. Hal itu dikarenakan, air hangat terutama, dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu tubuh memecah limbah, dan meningkatkan keluaran keringat.

4. Membantu menjaga berat badan

Dengan minum air putih sebelum tidur dapat menjadi cara untuk menjaga berat badan. Hal ini dikarenakan, minum air putih yang bebas kalori dapat membuat perut terisi dan pada akhirnya menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan atau cemilan pada malam hari yang dapat membuat berat badan naik.

  1. Membantu proses pencernaan

Manfaat selanjutnya dapat membantu proses pencernaan. Air putih dalam proses pencernaan tentunya akan membantu menyerap vitamin serta nutrisi dsri makanan.

  1. Menghindari gangguan ginjal

Manfaat ini bisa didapat karena pada dasarnya air putih yang Anda minum dapat membantu melarutkan kalsium dalam urine sehingga meminumalkan terjadinya batu ginjal. Selain itu, racun di dalam tubuh pun menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan dengan memperbanyak konsumsi air putih.

7. Memperbaiki suasana hati

Manfaat terakhir dari mengonsumsi air putih sebelum tidur adalah dapat membuat suasana menjadi lebih baik. Melansir Health Line, menurut sebuah studi pada 2014, kekurangan air dapat memengaruhi suasana hati secara negatif, yang dapat memengaruhi siklus tidur-bangun secara keseluruhan.
Studi ini meneliti total 52 subjek yang dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok (22 orang) mendapat asupan cairan dengan volume tinggi, sementara kelompok lainnya rendah (30 orang) mendapatkan asupan cairan rendah. Orang yang biasanya minum banyak air, tidak setenang dan tidak merasakan banyak emosi positif ketika mereka tidak bisa minum air sebanyak yang biasa dilakukan. Sementara, orang dengan asupan cairan rendah menunjukkan peningkatan kepuasan dan ketenangan positif ketika mereka meningkatkan asupan air.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Oktavian Irawadi Purba , Sp.OT
dr. Oktavian Irawadi Purba , Sp.OT
Ortopedi
dr. Rahmalia Gusdina , SpJP
dr. Rahmalia Gusdina , SpJP
Jantung
dr. Eka Purnama Dewi R , SpOG(K).MARS
dr. Eka Purnama Dewi R , SpOG(K).MARS
Kebidanan dan Kandungan
dr. Djaya Perdana , SpB
dr. Djaya Perdana , SpB
Bedah Umum
dr. Marhaeni. S Hj, Sp. THT, Msi Med
dr. Marhaeni. S Hj, Sp. THT, Msi Med
THT
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok