Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Manfaat “Me Time” Bagi Kesehatan

17 Feb, 2020

SARIASIH.com – Ketika stres melanda akibat banyaknya tugas yang harus segera diselesaikan, maka tidak jarang seseorang membutuhkan waktu untuk sendiri. Pada saat itu umumnya dimanfaatkan untuk menyendiri, merenung hingga menjalani hobi.

Sesungguhnya waktu menyendiri penting dilakukan untuk menyeimbangkan hidup. Tidak ada salahnya berhenti dari aktvitas sehari-hari yang cukup membuat penat, dengan me time seseorang bisa kembali mengisi tenaga dan energi yang hilang.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan me time, pertama, memberikan waktu untuk berkontemplasi. Menghabiskan hari-hari dengan rutinitas membuat seseorang kehilangan banyak waktu untuk memikirkan hal lainnya.

Adanya me time bisa membuat seseorang kembali bercengkrama dengan dirinya sendiri untuk kembali menemukan tujuan hidup dan merancang masa depan dan sebagainya.

Kedua, lebih mengenal diri sendiri. Mudahnya memahami orang lain tidak semudah seseorang menenal dirinya sendiri bahkan jauh lebih susah.

Dengan adanya me time maka coba untuk self talk dengan pembahasan apakah yang dilakukan selama ini sudah menghasilkan kebahagian dan mendekatkan dengan tujuan hidup.

Ketiga, meningkatkan kreativitas. Ketika melakukan banyak hal tidak jarang membuat tingkat konsentrasi dan produktivitas seseorang menurun. Untuk melepaskan ketegangan yang ada bisa dengan mengambil cuti dan melakukan me time untuk bisa kembali fokus dengan tujuan yang ingin dicapai.

Keempat, memberikan kebebasan. Adanya me time membuat seseorang bebas melakukan apa, kapan dan bagaimana yang diinginkan. Sesungguhnya hal tersebut semakin jarang terjadi seiring bertambahnya usia dan kesibukan yang tiada henti.

Tidak perlu menghabiskan waktu satu minggu, cukup dengan satu hari terbebas dari aktivitas dipercaya bisa membantu meningkatkan mood hingga memperkaya perspektif.

Kelima, mengisi energi mental. Bersosialisasi sesungguhnya banyak menguras energi terlebih bagi yang memiliki karakter introvert. Pada saat me time bisa dimanfaatkan untuk kembali mengisi daya ulang energi untuk menghadapi hari esok.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Ceva Wicaksono , Sp.PD
dr. Ceva Wicaksono , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Tri Gunawan , Sp.OG
dr. Tri Gunawan , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Johanes Berechmans P. R. , SpB
dr. Johanes Berechmans P. R. , SpB
Bedah Umum
dr. Bagus Baskoro , SpU
dr. Bagus Baskoro , SpU
Urologi
dr. Agung Suryoputro Reksoprodjo , SpPD
dr. Agung Suryoputro Reksoprodjo , SpPD
Penyakit Dalam
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok