Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Macam-macam Jenis Meningitis

24 Apr, 2020

SARIASIH.com – Baru-baru ini dunia hiburan dikejutkan dengan wafatnya penyanyi yang sekaligus aktivisi kemanusiaan, Glenn Fredly. Menurut keluarga, almarhum menghembuskan napas terakhirnya setelah melawan penyakit yang cukup serius yaitu meningitis.

Meningitis sendiri bukanlah penyakit yang populer seperti malaria atau demam berdarah. Sifatnya cukup berbahaya dan tergolong penyakit langka. Meningitis juga terkadang sulit dikenali karena memiliki gejala awal yang serupa dengan flu, seperti demam dan sakit kepala.

Penyakit yang juga dikenal sebagai radang selaput otak ini secara definisi adalah peradangan pada lapisan meningen atau lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Meningitis yang tidak diatasi dengan baik dapat membahayakan kesehatan dan menimbulkan komplikasi kesehatan seperti kehilangan penglihatan, gangguan pendengaran hingga kerusakan otak.

Infeksi bakteri, virus, jamur atau parasite  adalah beberapa penyebab yang membuat seseorang menderita meningitis. Bahkan pada beberapa virus dan bakteri yang menyebabkan meningitis dapat menular melalui batuk, bersin atau kontak langsung.

Tidak hanya orang dewasa, meningitis juga dapat dialami oleh anak-anak maupun bayi. Gejala yang dialami mereka umumnya seperti menolak mengonsumsi makanan apapun, lebih rewel, tangisan yang dihasilkan terdengar lebih melengking dan terdapat benjolan lembut diatas kepala. Risiko meningitis juga akan meningkat pada ibu yang sedang  hamil atau lupa menjalani imunisasi.

Meningitis terdiri dari beberapa jenis yang perlu diketahui, pertama, meningitis virus. Jenis ini adalah yang paling umum diderita bahkan hingga menyebabkan 85 persen kasus. Umumnya, meningitis virus disebabkan oleh kelompok enterovirus, virus herpes simplex, virus HIV, virus West Nile atau virus mumps.

Pada kondisi ini, penderita akan mengalami gejala yang tergolong ringan dan dapat pulih dengan sendirinya. Namun, pada beberapa keadaan, mereka membutuhkan perawatan dan berpeluang memiliki kondisi yang memburuk.

Kedua, meningitis bakteri. Meningitis ini dapat disebabkan oleh berbagai macam bakteri, seperti Streptococcus pneumoniaeNeisseria meningitidisHaemophilus influenza, Listeria monocytogenes, dan Staphylococcus aureus.

Selain sifatnya yang menular, gejala meningitis pada jenis ini ini juga dapat muncul secara tiba-tiba. Perlu adanya meningkatkan kewaspadaan, terutama pada mengitis yang diakibatkan oleh virus dan bakteri, karena jika tidak ditangani maka akan berisiko mengancam nyawa.

Ketiga, meningitis jamur. Meningitis disebabkan oleh jamur yang menginfeksi tubuh dan menyebar dari aliran darah ke otak atau susmsum tulang belakang. Di antara yang sudah disebutkan, meningitis jamur tergolong yang jarang terjadi.

Penderitka kanker, AIDS dan orang yang memiliki sistem imun lemah lainnya memiliki risiko yang lebih tinggi terserang meningitis jamur.

Keempat, meningitis parasit. Meningitis parasit disebabkan oleh parasit yang ditemukan di dalam tanah, tinja, dan pada beberapa hewan seperti siput, ikan mentah dan unggas. Mengonsumsi makanan yang berbahan dasar hewan tersebut bisa menjadi penyebabnya.

Melakukan aktivitas seperti berenang juga berpotensi tertular parasit penyebab meningitis. Kondisi tersebut berjenis meningitis amebic –salah satu dari meningitis parasite —menjadi yang paling berbahaya.

Meningitis adalah penyakit yang mengancam nyawa. Penanganannya harus dilakukan secara intensif oleh dokter di rumah sakit. Lebih cepat ditangani, lebih baik juga hasil pengobatannya.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Teddy Septianto , SpPD
dr. Teddy Septianto , SpPD
Penyakit Dalam
dr. Harum Johan , SpBS
Bedah Saraf
dr. Suryaman , Sp. OG
dr. Suryaman , Sp. OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Yurnita Arifin , Sp.THT-KL
dr. Yurnita Arifin , Sp.THT-KL
THT
dr. Yuliana Laksmini , SpKK. Msc
dr. Yuliana Laksmini , SpKK. Msc
Kulit & Kelamin
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok