Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Limfoma, Kanker Kelenjar Getah Bening yang Perlu Diwaspadai

19 Sep, 2023

SARIASIH.com - Limfoma merupakan salah satu penyakit kanker yang berkembang pada sistem kelenjar getah bening, dan menyerang sel darah putih yang memiliki fungsi melawan infeksi. Alhasil kondisi ini menyebabkan penurunan daya tahan tubuh.

Gejala limfoma dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa gejala umum yang mungkin muncul yaitu : 

  1. Mulai dari timbulnya pembengkakkan atau benjolan kelenjar getah bening pada bagian leher, ketiak atau pangkal paha.
  2. Mudah berkeringat pada malam hari, tubuh lemas yang disertai demam.
  3. Mengalami penurunan nafsu makan, dan berat badan.
  4. Timbulnya rasa gatal pada kulit. 

Meski demikian perlu diingat bahwa gejala ini juga bisa disebabkan oleh kondisi medis lain, melakukan konsultasi dengan dokter adalah langkah yang bijak jika mengalami gejala-gejala tersebut. 

Meskipun belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya limfoma, akan tetapi ada beberapa faktor umum yang dapat mempengaruhi terjadinya limfoma berkembang pada seseorang, seperti: 

  1. Sistem kekebalan tubuh yang melemah.
  2. Adanya riwayat penyakit Limfoma pada keluarga.
  3. Dan beberapa infeksi virus seperti virus Epstein-Barr dan virus hepatitis C, dengan peningkatan risiko limfoma tertentu.

Diagnosis limfoma akan meliputi serangkaian tes dan prosedur untuk mengidentifikasi keberadaan dan jenis limfoma yang mungkin terjadi. Prosedur diagnostik yang biasanya terjadi meliputi pemeriksaan fisik, tes darah, biopsi kelenjar getah bening atau jaringan yang terkena, dan pemeriksaan pencitraan seperti CT scan atau PET scan.

Sementara itu pengobatan limfoma tergantung pada jenis, tahap, dan faktor-faktor individu. Pengobatan dapat berupa kemoterapi, radioterapi, terapi targeted, dan terapi imun. 

Limfoma adalah kanker yang mempengaruhi sistem limfatik tubuh dan dapat memiliki berbagai jenis dan gejala. Dengan menyadari tanda-tanda peringatan, seperti pembengkakan kelenjar getah bening yang tidak normal segeralah berkonsultasi dengan dokter. 

Dengan diagnosis yang tepat dan perawatan yang sesuai, banyak penderita limfoma dapat mencapai kesembuhan atau mengelola kondisi mereka dengan baik. Melakukan medical check up rutin bisa membantu memantau kondisi kesehatan tubuh kita agar tetap prima dan melakukan aktivitas tanpa kendala.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Harum Johan , SpBS
Bedah Saraf
dr. Nunki Andria , Sp.A
dr. Nunki Andria , Sp.A
Anak
dr. SITTI RIDHA KHAIRANI FATAH , Sp.A
dr. SITTI RIDHA KHAIRANI FATAH , Sp.A
Anak
dr. Dyan Novitalia , SpB
Bedah Umum
dr. Fiki Apriliano Risenta , SpB
dr. Fiki Apriliano Risenta , SpB
Bedah Umum
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok