Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Kiat-kiat Mengendalikan Stres

12 Sep, 2018

SARIASIH.com – Stres merupakan sebuah kondisi yang umumnya dapat diderita siapa saja. Pada saat itu kondisi emosional penderita biasanya tidak stabil sehingga akan merasa mudah marah, gelisah, frustasi, kesepian, sulit menenangkan pikiran hingga mulai kecanduan alkohol.

Tidak semua stres termasuk kedalam hal yang buruk. Suatu waktu stres dapat dijadikan sebagai motivasi untuk menyelesaikan suatu kewajiban, namun normalnya situasi tersebut seharusnya bersifat sementara.

Jika tidak dikendalikan, maka sama saja dengan memicu beberapa reaksi seperti gangguan mental dan fisik. Pada saat stres tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat.

Hal tersebut mampu membuat penderita meluapkan energi secara percuma sehingga akan menyebabkan tubuh mudah lelah, tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit dan bernapas lebih cepat.

Ketika stres maka kekebalan seseorang menurun sehingga dengan mudah penyakit akan dapat menyerang pertahanan tubuh, terlebih sebelumnya penderita sedang memiliki masalah kesehatan maka, stres akan memperburuk kondisinya.

Diabetes, tekanan darah tinggi, ganguan tidur, stroke, obesitas, asma, penyakit jantung hingga alzheimer adalah hanya beberapa kondisi yang ditimbulkan jika stres berkepanjangan.

Stres adalah respon otomatis dari fisik, mental dan emosional terhadap peristiwa menantang dan bagian normal dari kehidupan seseorang. Jika dikelola dengan baik maka akan menghasilkan sebuah perubahan yang baik pula namun jika stres yang bersifat negatif maka pastinya akan mengurangi kualitas hidup

Ada beberapa pendekatan yang dapat dilalukan agar stres tidak larut berkepanjangan pertama, meningkatkan keterampilan memecahkan masalah, menentukan prioritas dan pengendalian waktu.

Kedua, meningkatkan kemampuan untuk menjaga diri dari hal-hal yang merugikan seperti menghindari rokok, alkohol, obat-obatan terlarang, istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang sehat lagi bergizi.

Ketiga, berlatih relaksasi seperti bersepeda di sekitar rumah, yoga untuk menenangkan pikiran, hingga banyak berdoa agar kesehatan rohani dan jasmani kembali seperti sedia kala.

Jika dirasa stres sudah dalam fase jangka panjang maka dan mengakibatkan depresi, obesitas, rambut rontok, gangguan makan, disfungsi seksual dan gangguan kepribadian maka ada baiknya untuk segera mendapatkan intervensi dokter.

RS Sari Asih memiliki dokter spesialis penyakit kejiwaan yang kompeten dan ahli di bidangnya. Jadwal praktek dan booking bisa diketahui melalui situs www.sariasih.com.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Yuliana Laksmini , SpKK. Msc
dr. Yuliana Laksmini , SpKK. Msc
Kulit & Kelamin
dr. Harum Johan , SpBS
Bedah Saraf
dr. Teddy Septianto , SpPD
dr. Teddy Septianto , SpPD
Penyakit Dalam
dr. Yanti Susianti , SpA (K)
dr. Yanti Susianti , SpA (K)
Anak Neonatologi
dr. Hj.. Sylvia E. Nuruth , SpBP
dr. Hj.. Sylvia E. Nuruth , SpBP
Bedah Plastik
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok