Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Ketahui Bantuan Hidup Dasar

24 Nov, 2016

SARIASIH.com – Kita tidak pernah akan menduga kapan sakit akan datang. Bisa saja dengan tiba-tiba, teman, rekan, atau kerabat yang berada di dekat kita terjatuh dan kehilangan kesadarannya. Apa yang harus kita lakukan?

Bantuan Hidup Dasar menjadi sangat penting saat kondisi tersebut terjadi kepada rekan atau kerabat yang berada di dekat kita. Lingkungan perusahaan pun menjadi salah satu faktor risiko terjadinya hal atau kondisi kesakitan yang tidak terduga. Umumnya, lingkungan perusahaan berisi para pekerja yang setengah waktunya dihabiskan untuk bekerja setiap hari.

Bantuan hidup dasar, terutama jantung, merupakan layanan kesehatan dasar yang dilakukan terhadap penderita yang menderita penyakit yang mengancam jiwa sampai penderita tersebut mendapat  pelayanan kesehatan secara paripurna.

Bagaimana bantuan hidup dasar dilakukan jika terjadi secara tiba-tiba?

“Ketika tiba-tiba teman atau saudara kita terjatuh dan pingsan, pastikan bahwa lingkungan sekitar penderita aman untuk melakukan pertolongan. Jika berada di jalan banyak kendaraan, pinggirkan, baringkan di tempat datar dan keras pada posisi telentang,” ujar dr Rahardi Mokhtar yang berpraktek di RS Sari Asih Sangiang.

Dalam kondisi yang aman, kita pun harus memeriksa respon penderita dengan cara menepuk-nepuk bahunya dengan cukup keras atau menampar pipi penderita dengan sedang atau menggoyang-goyangkan badan penderita sambil menanyakan keadaanya.

Jika penderita sama sekali tidak merespon, minta orang di sekitar kita untuk segera menghubungi nomor telpon 118 (ambulan) atau nomor rumah sakit atau pun klinik terdekat untuk datang ke lokasi dengan membawa peralatan medis lengkap.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Hasni Kemala Sari,dr.SpOG
dr. Hasni Kemala Sari,dr.SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Fitria Chandra , SpS
dr. Fitria Chandra , SpS
Saraf
dr. Widia Kurnia , Sp.OG
dr. Widia Kurnia , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Johanes Berechmans P. R. , SpB
dr. Johanes Berechmans P. R. , SpB
Bedah Umum
dr. Ratri , Sp.AN
Anestesi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok