Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Kenali Apa Itu Rapid Test

28 Apr, 2020

SARIASIH.com – Jumlah penderita COVID-19 setiap harinya bertambah di Indonesia. Hal tersebut membuat pemerintah perlu mendapatkan solusi guna menekan penyebaran virus corona, salah satunya dengan melakukan rapid test.

Secara definisi, rapid test adalah suatu metode pemeriksaan yang sifatnya cepat untuk mendeteksi antibodi. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Umumnya, rapid test akan dilakukan dengan menggunakan sampel darah. Di dalam sampel tersebut akan dicari yaitu pertama, IgG (imunoglobulin G). Antibodi ini jenis yang paling banyak ada di darah dan cairan tubuh lainnya.

IgG memiliki tugas untuk melindungi tubuh dari infkesi dengan cara mengingat bakteri atau virus yang sebelumnya pernah terpapar di tubuh. Ketika virus atau bakteri tersebut kembali, maka tubuh dapat mengenali dan melawan.

Kedua, IgM (imunoglobulin M). Antibodi terbentuk ketika pertama kali tubuh terinfeksi oleh virus ataupun bakteri jenis baru. IgM adalah gerbang  pertahanan sebelum tubuh dimasuki oleh virus.

Ketika tubuh merasa adanya infeksi yang akan terjadi, maka kadar Igm akan meningkat sebagai persiapan melawan virus atau bakteri. Beberapa saat kemudian, kadar IgM akan mulai menurun dan digantikan oleh IgG yang bertugas untuk melindungi tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Prosedur yang akan di jalankan ketika seseorang melakukan pemeriksaan rapid test dimulai dengan mengambil sampel darah dari ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat rapid test. Setelah itu, terdapat cairan untuk menandai antibodi yang akan diteteskan di tempat yang sama. Hasilnya akan keluar berupa garis yang muncul 10-15 menit setelahnya.

Kini RS Sari Asih sudah memiliki layanan Drive Thru Rapid Test COVID-19 yang tersedia di dua cabang yaitu, RS Sari Asih Ciputat dan RS Sari Asih Cipondoh. Layanan tersebut beroperasi setiap hari Senin hingga Sabtu dimulai dari pukul 08:00-10:00 WIB.

Jika berniat untuk Drive Thru Rapid Test COVID-19, dianjurkan daftar terlebih dahulu. Setelah itu petugas kesehatan akan memberikan penjadwalan. Karena Rapid Test sifatnya cepat, sehingga hasil akan keluar di hari yang sama melalui WhatsApp atau email.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomer WhatsApp dibawah ini:

RS Sari Asih Ciputat (0816 191 3838)

RS Sari Asih Cipondoh (0811 987 3838)

RS Sari Asih Serang (085777548738)

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Jaya Supriyanto , SpAn
dr. Jaya Supriyanto , SpAn
Anestesi
dr. Hermansyah Irwan , SpA
dr. Hermansyah Irwan , SpA
Anak
dr. Ahmad Mekkah H. , Sp.PD, M.Sc, M.Kes
dr. Ahmad Mekkah H. , Sp.PD, M.Sc, M.Kes
Penyakit Dalam
dr. Wawan Irwansyah , SpAn
dr. Wawan Irwansyah , SpAn
Anestesi
dr. Teddy Septianto , SpPD
dr. Teddy Septianto , SpPD
Penyakit Dalam
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok