Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Jerawat Di Kulit Kepala

18 Feb, 2020

SARIASIH.com – Ketika menyisir rambut dan terasa sakit, hal tersebut bisa jadi adanya jerawat pada di kulit kepala. Umumnya, bentuk yang dimiliki sama dengan jerawat yang biasa tumbuh disekitar permukaan wajah.

Kondisi yang disebut folikulitis dalam dunia medis ini memiliki ciri-ciri adanya benjolan merah, terkadang terasa gatal bahkan juga bisa mengakibatkan rasa nyeri. Hal tersebut terjadi karena pori-pori atau folikel rambut mengalami penyumbatan.

Terdapat beberapa aktivitas yang bisa menimbulkan jerawat di kulit kepala, diantaranya tidak memperhatikan tingkat kebersihan ketika membilas rambut setelah keramas. Hal tersebut berisiko menumpuknya sisa sampo dan bisa menyumbat pori-pori kepala.

Penggunaan produk, seperti gel rambut atau hairspray juga dapat menstimulasi kulit kepala untuk memproduksi minyak yang berlebihan sehingga dapat menyebabkan jerawat.

Selain itu, terlalu lama menggunakan penutup kepala seperti topi, helm atau ikat kepala juga menjadi beberapa penyebabnya. Kondisi kepala yang berkeringat, terlebih aliran oksigen yang terhambat dapat membuat kulit kepala mudah tumbuh benjolan merah.

Sesungguhnya folikulitis dalam tahap ringan bisa membaik dengan sendirinya, namun hal tersebut juga perlu penunjang untuk mempercepat pemulihan dengan cara seperti cuci rambut dan kepala dengan sampo antibakteri.

Meski terlihat kecil, namun jangan sesekali memencet jerawat dengan jari, hal tersebut dapat menyebabkan infeksi dan menjadikan kondisinya lebih parah. Lebih baik dikompres dengan air garam, karena kandungan alaminya dipercaya bisa membatasi jumlah pertumbuhan bakteri.

Jika dirasa hal tersebut tidak banyak membantu, maka ada baiknya untuk segera mendatangi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penangan yang lebih komprehensif.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. H. Mahruzzaman Naim Sp.A
dr. H. Mahruzzaman Naim Sp.A
Anak
drg. Vini Isa K
drg. Vini Isa K
Gigi
dr. Mohammad Afien Mukti , Sp.P
dr. Mohammad Afien Mukti , Sp.P
Paru
dr. Ahmad Irwan Rusmana , Sp.S
dr. Ahmad Irwan Rusmana , Sp.S
Saraf
dr. Retno Savitri Koeswardhani , Sp.KFR
dr. Retno Savitri Koeswardhani , Sp.KFR
Rehabilitasi Medik
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok