Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Jaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan Dengan 5 Tips Ini

24 Mar, 2023

SARIASIH.com  - Saat menjalani puasa Ramadhan, tubuh perlu beradaptasi dengan pola keseharian yang tiba-tiba berubah. Jika selama 11 bulan lamanya tubuh kita menerima asupan makanan secara rutin 3 kali sehari, maka selama kurang lebih 30 hari ini tubuh kita hanya cukup menerima asupan sebanyak 2 kali sehari.

Perubahan jam konsumsi makanan dan cairan juga berubah kala Ramadhan. Jika sebelumnya pukul 06 sampai pukul 07 pagi kita sarapan dengan menu sehat, maka saat ini kita harus sarapan dengan menu sehat sebelum datangnya imsyak, yaitu pukul 04.43 dini hari.

Perubahan pola makan dan kebiasaan tersebut tidak begitu mudah diterima oleh tubuh seseorang, kecuali yang memang sudah terbiasa menjalaninya. Perlu kesiapan fisik agar dapat menjalani puasa Ramadhan selama satu bulan penuh.

Tips berikut ini akan membantu kita menjaga tubuh tetap sehat dan bugar meski harus menjalani puasa :

1. Tetap Penuhi Cairan Tubuh

Cairan tubuh tetap diperlukan agar tidak mengalami dehidrasi dengan cakupan 8 gelas per hari. Upayakan tetap minum air putih 8 gelas per hari kala sahur dan berbuka puasa.

2. Konsumsi Makanan Gizi Seimbang

Tak hanya cairan yang harus dipenuhi, nutrisi seimbang juga harus menjadi perhatian. Dipastikan apa yang kita konsumsi saat sahur dan berbuka mengandung karbohidrat, protein dan serat guna memberikan kekuatan pada tubuh untuk beraktivitas selama puasa.

3. Wajib Sahur

Terkadang kondisi tidur kala ramadhan begitu syahdu hingga lupa terbangun saat sahur tiba. Alhasil, waktu sahur pun terlewat begitu saja. Hal ini sebaiknya jangan terus dibiarkan. Upayakan bangun dan makan sahur agar tubuh tidak gampang capek saat beraktivitas seharian.

4. Hindari Makanan Lemak Tinggi dan Terlalu Manis

Makanan berlemak dan terlalu manis bisa menyebabkan tubuh lebih mudah merasa lapar dan haus. Untuk itu ada baiknya menghindari makanan berlemak dan minuman terlalu manis saat makan sahur. Makanan berlemak dan gula tinggi sangat mudah diserap tubuh.

5. Tetap Olahraga

Berpuasa bukan berarti harus hemat energi. Tubuh tetap harus beraktivitas seperti biasa dan berolahraga minimal 15 menit setiap harinya agar tetap bugar dan produktif. Pilih gerakan-gerakan yang ringan di akhir senja agar tubuh tidak mudah lelah dan haus.

Segera kKunjungi Rumah Sakit Sari Asih terdekat jika terjadi keluhan kesehatan yang memberatkan.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
Dr. Inayah , SpGK
Dr. Inayah , SpGK
Gizi
dr. L. Eka Purwani , SpGK
dr. L. Eka Purwani , SpGK
Gizi
dr. Anak Agung Eka Widya Saraswati , SpGK
dr. Anak Agung Eka Widya Saraswati , SpGK
Gizi
.. Evit Siti Fitri Cahyati , Amd.Gz
.. Evit Siti Fitri Cahyati , Amd.Gz
Gizi
dr. Siti Dzulaiha , sp.GK
dr. Siti Dzulaiha , sp.GK
Gizi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok