Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Jaga Kesehatan Ginjal dengan Langkah Berikut

16 Jan, 2024

SARIASIH.com - Ginjal memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan internal tubuh. Fungsi ginjal dalam tubuh ialah menyaring limbah dan zat berlebih dari darah, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine.

Fungsi lain ginjal juga berperan penting dalam mengatur tekanan darah, antara lain melalui pengaturan volume darah dan sekresi hormon renin yang mempengaruhi pembuluh darah.

Selain mengatur banyak hal, ginjal memproduksi hormon yang penting untuk fungsi tubuh, termasuk eritropoietin yang merangsang produksi sel darah merah dan hormon aktif vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang.

Dokter Klinik SA Medika Karawaci, Kota Tangerang, dr Atika Rahmah, menerangkan jika kerusakan atau gangguan fungsi ginjal dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, karena tubuh tidak mampu menghilangkan limbah dengan efektif, mengatur elektrolit dan tekanan darah, atau menjaga keseimbangan cairan dan pH darah dengan benar.

Menurunya hal ini bisa menyebabkan kondisi seperti penyakit ginjal kronis, hipertensi, dan gangguan elektrolit.

Untuk itu dr Atika Rahmah menyarankan beberapa langkah atau tips menjaga ginjal tetap sehat : 

Minum Cukup Air: Asupan air yang cukup dapat membantu ginjal membersihkan sodium, urea, dan racun dari tubuh, terutama ketika berolahraga atau berada di cuaca panas.

Makanan Sehat: Diet seimbang yang kaya akan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein rendah lemak dapat membantu menjaga ginjal sehat. Hindari makanan tinggi garam, gula, dan lemak jenuh.

Pantau Tekanan Darah: Hipertensi (tekanan darah tinggi) adalah penyebab utama kerusakan ginjal. Jaga tekanan darah dalam kisaran normal.

Kontrol Gula Darah: Diabetes adalah faktor risiko utama penyakit ginjal. Jika memiliki diabetes, penting untuk mengontrol gula darah.

Berat Badan Ideal: Menjaga berat badan yang sehat melalui diet seimbang dan aktivitas fisik teratur adalah kunci.

Berhenti Merokok: Merokok merusak pembuluh darah, yang mengurangi aliran darah ke ginjal dan dapat memperburuk fungsi ginjal.

Hindari Penggunaan Obat-obatan yang Berlebihan: Obat-obatan tertentu dapat merusak ginjal jika digunakan secara teratur dan dalam jangka waktu lama. Gunakan obat-obatan sesuai anjuran dokter.

Batasai Alkohol: Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat merusak ginjal. 

Semoga dengan mengikuti tips ini, kita dapat membantu menjaga ginjal tetap sehat dan mengurangi risiko mengembangkan masalah ginjal di masa depan.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Tri Hapsoro Guno , SpPD
dr. Tri Hapsoro Guno , SpPD
Penyakit Dalam
dr. Dina Roeswita , SpJP, FIHA
dr. Dina Roeswita , SpJP, FIHA
Jantung
dr. Yoppi Kencana , Sp.PD
dr. Yoppi Kencana , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Harry Mahathir Akip , SpJP
dr. Harry Mahathir Akip , SpJP
Jantung
dr. Mardlatillah , SpJP-FIHA
dr. Mardlatillah , SpJP-FIHA
Jantung
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok