Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Ini Penyebab Tenggorokan Tidak Nyaman Kala Flu

04 Jan, 2024

SARIASIH.com - Saat tubuh mengalami Flu, banyak kondisi dan berbagai gejala yang tidak menyenangkan, salah satunya adalah tenggorokan yang terasa tidak nyaman atau sakit.

Hal ini merupakan kondisi umum yang terjadi kala flu, hanya saja banyak penderita menanggapi hal ini secara berbeda. Untuk itu perlu sedikit pemahaman tentang kondisi tenggorokan yang tidak nyaman saat mengalami flu agar mengetahui langkah yang tepat untuk mengurangi gejalanya.

Banyak dari kita mungkin tidak memahami sepenuhnya apa yang menyebabkan ketidaknyamanan ini. Disebutkan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) RS IMC Bintaro (RS Sari Asih Group), Kota Tangerang Selatan, dr. Yurnita Arifin, Sp.THT-KL, berikut adalah alasan mengapa flu sering disertai dengan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Infeksi Virus dan Peradangan

Flu disebabkan oleh virus influenza yang menyerang sistem pernapasan. Saat virus ini menginfeksi tenggorokan, ia menyebabkan reaksi peradangan sebagai bagian dari respons imun tubuh. Peradangan ini menyebabkan pembengkakan dan kemerahan, yang bisa menyebabkan rasa sakit atau iritasi di tenggorokan.

Iritasi dan Kerusakan Sel

Selain peradangan, virus influenza dapat merusak sel-sel di tenggorokan. Ini menyebabkan iritasi tambahan dan bisa meningkatkan sensitivitas tenggorokan, menjadikannya lebih rentan terhadap rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Peningkatan Produksi Lendir

Dalam upaya untuk melawan infeksi, tubuh akan memproduksi lebih banyak lendir. Lendir ekstra ini sering mengalir ke belakang tenggorokan (postnasal drip), yang tidak hanya mengiritasi tenggorokan, tetapi juga bisa memicu batuk, memperburuk kondisi tenggorokan yang sudah teriritasi.

Batuk

Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan jalan napas, tetapi batuk yang sering dan berulang-ulang bisa membuat tenggorokan menjadi sakit. Ini disebabkan oleh tegangan yang terjadi pada otot-otot tenggorokan selama batuk.

Dehidrasi

Demam yang sering menyertai flu bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan lebih banyak dari biasanya. Dehidrasi dapat membuat tenggorokan menjadi kering dan iritasi, menambah rasa tidak nyaman.

Untuk meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh flu, bisa mencoba beberapa langkah sebelum memutuskan untuk ke fasilitas kesehatan, seperti minum banyak cairan, berkumur dengan air garam hangat, menggunakan pelembap udara, menghisap lozenges tenggorokan, dan istirahat yang cukup.

Namun jika gejalanya sudah sangat mengganggu atau bertambah buruk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Yurnita Arifin , Sp.THT-KL
dr. Yurnita Arifin , Sp.THT-KL
THT
dr. Emma Savitri , Sp. THT-BKL
THT
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok