Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Ini Makanan yang Terkandung banyak Karbohidrat dan Kalori yang Diperlukan oleh Tubuh

06 Mar, 2024

Berikut adalah beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat menurut Ahli Gizi RS Sari Asih Ciputat, dr. Inayah, SpGK:

  1. Beras, gandum, pasta: Ini adalah sumber utama karbohidrat dalam banyak diet.
  2. Kentang: Kentang mengandung karbohidrat kompleks.
  3. Sayuran: Sayuran seperti kentang, jagung, wortel, dan kacang polong juga mengandung karbohidrat.
  4. Buah-buahan: Buah-buahan seperti pisang, apel, jeruk, dan anggur mengandung karbohidrat dalam bentuk fruktosa.
  5. Kacang-kacangan dan biji-bijian: Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, serta biji-bijian seperti beras merah, quinoa, dan gandum utuh juga merupakan sumber karbohidrat yang baik.
  6. Roti dan sereal: Roti gandum, roti tawar, sereal sarapan, dan roti gandum utuh adalah contoh makanan yang mengandung karbohidrat.
  7. Produk susu: Susu, yogurt, dan keju mengandung karbohidrat dalam bentuk laktosa.
  8. Makanan olahan: Makanan olahan seperti kue, kue kering, roti putih, pasta olahan, dan camilan mengandung karbohidrat, meskipun seringkali dalam bentuk sederhana. 

Sedangkan berikut adalah beberapa contoh makanan yang mengandung banyak kalori:

  1. Lemak tinggi: Makanan seperti alpukat, kacang-kacangan (misalnya, kacang almond, kacang kenari, dan kacang tanah), biji-bijian (seperti biji bunga matahari dan biji labu), serta minyak nabati (minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak kacang kedelai) kaya akan kalori karena kandungan lemaknya yang tinggi.
  2. Makanan olahan tinggi gula: Makanan seperti permen, kue kering, kue krim, es krim, dan minuman manis mengandung banyak kalori karena kandungan gula dan lemaknya.
  3. Makanan berlemak tinggi: Makanan seperti daging berlemak, produk susu tinggi lemak (seperti keju, krim, dan mentega), dan makanan cepat saji (seperti burger, kentang goreng, dan nugget) mengandung banyak kalori karena kandungan lemak dan proteinnya.
  4. Minuman berkalori tinggi: Minuman beralkohol, minuman bersoda, minuman berenergi, dan minuman manis lainnya dapat mengandung banyak kalori karena kandungan gula dan alkoholnya.
  5. Makanan tinggi karbohidrat: Makanan seperti pasta, roti, nasi, dan kentang juga dapat menyumbang banyak kalori, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Meskipun beberapa dari makanan tersebut mengandung banyak karbohidrat dan kalori, ada baiknya untuk memperhatikan aspek nutrisi lainnya dan memasukkan mereka ke dalam pola makan secara seimbang agar mendukung kesehatan secara keseluruhan.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. L. Eka Purwani , SpGK
dr. L. Eka Purwani , SpGK
Gizi
Dr. Inayah , SpGK
Dr. Inayah , SpGK
Gizi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok