Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Ini Beberapa Cara untuk Mengurangi Stres

26 Sep, 2023

SARIASIH.com - Mengelola stres dengan baik dapat mencegah bertambahnya sejumlah risiko penyakit yang ada. Namun cara pengolaan dapat berbeda bagi setiap orang. Ada baiknya memilih cara-cara yang disesuaikan dengan kondisi fisik dan mental kita saat akan melakukannya. 

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan dengan penyesuaian seperti yang disepakati Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa, RS Sari Asih Karawaci, Kota Tangerang, dr. sherly Melawati, Sp.KJ: 

  1. Olahraga Teratur: Berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi stres. Aktivitas fisik melepaskan endorfin, zat kimia otak yang membuat kita merasa lebih baik. Cobalah untuk berjalan-jalan, berlari, berenang, atau melakukan aktivitas fisik lain yang kita nikmati.
  2. Meditasi dan Relaksasi: Praktik meditasi, yoga, atau teknik relaksasi lainnya dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh kita. Ini bisa membantu mengurangi kecemasan dan stres.
  3. Bernapas Dengan Tenang: Ketika merasa stres, coba teknik pernapasan dalam yang dalam dan lambat. Mengatur pernapasan dengan cara menarik nafas panjang kemudian menghembuskan secara perlahan melalui mulut dengan ritme yang stabil dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi ketegangan.
  4. Manajemen Waktu: Mengatur waktu dengan baik dapat membantu menghindari rasa terburu-buru dan stres yang berlebihan. Buat daftar tugas, prioritas, dan alokasikan waktu untuk istirahat.
  5. Menjaga Pola Makan Sehat: Makan makanan seimbang dan sehat dapat memengaruhi suasana hati dan tingkat energi kita. Hindari konsumsi makanan berlebihan, kafein, dan alkohol yang berlebihan.
  6. Tidur yang Cukup: Pastikan mendapatkan tidur yang cukup. Kurang tidur dapat meningkatkan stres dan mengganggu keseimbangan emosi.
  7. Hubungan Sosial: Berbicara dengan teman dan keluarga, atau mencari dukungan dari terapis atau konselor, bisa membantu kita merasa lebih baik. Berbagi perasaan dan masalah dengan orang lain bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi stres.
  8. Hobbi: Temukan waktu untuk melakukan aktivitas yang kita nikmati dan menghilangkan stres. Hobby bisa menjadi pelarian yang bagus dari tekanan sehari-hari.
  9. Tetapkan Batasan: Jangan takut untuk mengatakan "tidak" jika kita merasa terlalu banyak melakukan hal. Belajar untuk mengatur batasan dapat membantu menghindari penumpukan stres.
  10. Kurangi Faktor Pemicu Stres: Jika kita tahu apa yang memicu stres kita, cobalah untuk menghindarinya atau mencari cara untuk mengatasi situasi tersebut dengan lebih baik.
  11. Konsultasi dengan Profesional: Jika stres kita sudah sangat mengganggu kehidupan sehari-hari, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari seorang profesional kesehatan mental, seperti seorang psikolog atau psikiater.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Beta Meidarifni Adiputri , Sp.OG
dr. Beta Meidarifni Adiputri , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Adityansyah Irendra Nugraha , SpPD
dr. Adityansyah Irendra Nugraha , SpPD
Penyakit Dalam
dr. Widyastuti, Sp.A
dr. Widyastuti, Sp.A
Anak
dr. Dewi Hayati , SpAN
dr. Dewi Hayati , SpAN
Anestesi
drg. Gia Andriani
drg. Gia Andriani
Gigi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok