Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Hindari Stress Untuk Menghindari Ketombe Bertambah Parah

13 Mar, 2023

SARIASIH.com  - Ketombe yang membandel memang menyebalkan. Tidak hanya menimbulkan rasa gatal, serpihan dari ketombe juga dapat mengganggu penampilan. Umumnya ketombe dapat dihilangkan dengan rutin mencuci rambut.

Dokter Spesialis Kulit, Kelamin dan Estetika, Rumah Sakit Sari Asih Karawaci , Kota Tangerang, dr. Yoga Hadi Nugroho, SpDV , menyarankan untuk mencuci rambut minimal dua kali seminggu dengan sampo khusus penghilang ketombe.

Hanya saja, dalam memilih jenis shampo yang digunakan harus berhati-hati. Jangan sembarangan memilih shampo untuk menghilangkan ketombe, jika salah malah akan menyebabkan ketombe tidak hilang dan menjadi banyak.

Banyak produk perawatan kulit kepala atau rambut yang tersedia di pasaran untuk menghilangkan ketombe. Akan tetapi seringkali tidak memberikan hasil yang diinginkan dan malah membuat bingung penggunanya.

“Bagi mereka yang sudah terlanjur berketombe, sebaiknya tidak menggunakan produk perawatan rambut yang berbahan dasar minyak karena akan menyebabkan ketombe menjadi bertambah banyak,” sebut dr. Yoga.

yoga-1639025c372a2a

Selain memilih memilih produk perawatan rambut, strees yang berlebihan juga dapat menyebabkan rambut menjadi berketombe. Menurutnya, dalam kondisi stress, kulit seseorang akan mengeluarkan minyak.

“Stres dapat memicu produksi kelenjar minyak sehingga dapat menimbulkan ketombe. Dan jika memang sudah menjadi masalah, sebaiknya temui ahli medis,” terang dr. Yoga Hadi Nugroho, SpDV.

Dalam bahasa kedokteran, ketombe disebut dengan dermatitis seborok, yaitu kondisi peradangan pada kulit yang membuat kulit kepala berwarna kemerahan, mengelupas dan menimbulkan rasa gatal.

Hal tesebut diakibatkan dengan adanya peningkatan kelenjar minyak. Tidak hanya dibagian kulit kepala tetapi bisa ditemukan juga di sekitar wajah, telinga, dada dan daerah-daerah lipatan badan. Dan kondisi ini bisa terjadi pada semua orang baik remaja maupun dewasa.

Pada orang dewasa, ketombe bisa bersifat parah dan timbul timbul yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Meski tidak berbahaya dan tidak menular, ketombe bisa mengganggu dan membuat tidak nyaman bagi penderitanya.

Pengobatan dilakukan untuk mengurangi gatal dan kulit yang terkelupas serta kondisi yang buruk. Selama dalam proses terapi, sebaiknya penderita tidak menampilkan kulit kepala saat terasa gatal karena dapat mengelupas kulit dan mengeluarkan ketombe.Kunjungi Rumah Sakit Sari Asih untuk berkonsultasi dengan dokter jika keluhan berlanjut.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Muhammad Ichsan Fachrudin Firdaus , SpBS
dr. Muhammad Ichsan Fachrudin Firdaus , SpBS
Bedah Saraf
dr. M Arif Rahman.AM , Sp.OG
dr. M Arif Rahman.AM , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
Dr. Diana Apriliyana Nur , SpOG
Dr. Diana Apriliyana Nur , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr.. Nabila Nur Bilqis Islamy , SpKJ
dr.. Nabila Nur Bilqis Islamy , SpKJ
Psikiatri
dr. Meriana Rasyid , Sp.M
dr. Meriana Rasyid , Sp.M
Mata
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok