Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Hilangkan Kantuk Kala Perjalanan Mudik

04 Jun, 2019

SARIASIH.com - Menempuh jarak yang jauh dan disertai dengan istirahat yang tidak cukup, membuat aktivitas mudik menjadi berat, belum lagi jika bepergian dalam kondisi sedang berpuasa.

Kondisi tubuh yang kurang fit juga mempengaruhi kemampuan otak untuk fokus dan berkonsenstrasi. Alhasil adanya peluang kecelakaan lalu lintas dapat terjadi.

Selain mengonsumsi kopi, ada alternatif lain yang dapat dilakukan untuk mengusir rasa kantuk yang di dera. Pertama, meminggirkan mobil dan jalan kaki sebentar.

Sebelum melanjutkan perjalanan, ada baiknya berhenti di bahu jalan atau rest area untuk beristirahat sebentar. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk jalan kaki selama lima sampai lima belas menit untuk dapat kembali mneimgkatkan stamina tubuh selama dua jam kedepan.

Kedua, joget sembari mendengarkan lagu. Selain mempersiapkan obat-obatan, ada baiknya juga tururt menyiapkan playlist lagu beraliran upbeat, dance, atau rock n roll.

Mendengarkan lagu-lagu tersebut tanpa sadar membuat tubuh dan kepala seakan ingin bergerak. Namun tidak perlu malu, karena pergerakan tersebut dapat bermanfaat untuk mengusir rasa kantuk.

Ketiga, senam dalam mobil. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa senam dapat pula dilakukan pada ruang yang terbatas seperti mobil. Terlebih jika keadaan lalu lintas padat merayap hinga mengakibatkan kemacetan panjang.

Adapun olah tubuh yang bisa dilakuakn seperti peregangan dada, dimana memosisikan duduk dengan tegak dan letakkan tangan di depan dada dengan posisi silang. Setelah itu, ayunkan ke atas dan ke bawah sambil mencondongkan tubuh ke depan.

Peregangan leher juga dapat dilakukan dengan memosisikan tubuh yang sama seperti diatas, kemudian angkat tangan kiri ke atas kepala untuk menyentuh telinga kanan, serta miringkan kepala dan tahan selama sepuluh detik. Lakukan dengan posisi sebaliknya.

Yang terakhir, para pemudik yang menggunakan transportasi mobil dapat meregangkan   kaki yang terkadang terasa keram dan letih karena hanya dapat beraktivitas duduk selama beberapa hari perjalanan.

Peregangan ini dapat dimulai dari meletakkan kaki di atas lutut kaki kiri dengan mencondongkan tubuh ke depan dan tekan pergelangan kaki kanan ke bawah. Setelah di lepaskan maka tekan kembali ke bawah. Ulangi gerakan dengan mengganti kaki kiri.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Harinto , Sp.B
dr. Harinto , Sp.B
Bedah Umum
drg. Eni Fatiha Sumita
drg. Eni Fatiha Sumita
Gigi
dr. Ahmad Sofian , Sp.PD
dr. Ahmad Sofian , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Setiagung Ambari Bowo , Sp.BP-RE
Bedah Plastik
dr. Gustman Lumanda Sitanggang , SpOT
dr. Gustman Lumanda Sitanggang , SpOT
Ortopedi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok