Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Hati-hati, Kurang Tidur Picu Sakit Jantung

14 Oct, 2023

SARIASIH.com - Kondisi yang sering dialami di tengah-tengah masyarakat kita dan sering diabaikan adalah kurang tidur dan bergadang. Hal sepele ini ternyata berkontribusi pada munculnya penyakit jantung.

Tidur yang direkomendasikan secara teratur bagi orang dewasa yaitu 7-8 jam per harinya. Sementara kurang tidur yang kronis (sering) atau terus-menerus dapat menyebabkan gangguan tidur berkelanjutan dan tentunya berbagai perubahan biologis dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Berikut adalah bagaimana kurang tidur dapat berkontribusi pada penyakit jantung:

  1. Peningkatan Tekanan Darah: Kurang tidur dapat memengaruhi sistem saraf otonom tubuh, yang mengatur tekanan darah. Akibatnya, kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
  2. Gangguan Metabolisme: Kurang tidur dapat mengganggu regulasi glukosa dan metabolisme karbohidrat, yang dapat menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Diabetes adalah faktor risiko penting bagi penyakit jantung.
  3. Ketidak seimbangan Hormon: Kurang tidur dapat memengaruhi sejumlah hormon yang berkaitan dengan kesehatan jantung, termasuk hormon stres seperti kortisol. Hal ini dapat mengganggu regulasi tekanan darah dan sistem kardiovaskular.
  4. Kegemukan dan Obesitas: Kurang tidur dapat memengaruhi hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang. Ini dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan, terutama untuk makanan berkalori tinggi dan kurangnya nafsu untuk makanan sehat. Akibatnya, hal ini dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan dan obesitas, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.
  5. Pembekuan Darah: Tidur yang kurang dapat memengaruhi faktor-faktor yang mempengaruhi pembekuan darah, yang dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah atau trombosis, dimana hal ini meningkatkan resiko gangguan jantung.

Perlu diperhatikan juga, kurang tidur yang sering terjadi dan berulang yang berpotensi meningkatkan resiko terjadinya gangguan tidur yang perlu ditangani lebih lanjut. Bila hal ini terjadi, maka akan meningkatkan resiko terkena  penyakit jantung.

Bijaknya, tidur yang cukup dan berkualitas adalah penting untuk menjaga kesehatan jantung anda. Kurangilah tidur larut malam dan membuat lingkungan yang nyaman untuk tidur untuk meningkatkan kualitas tidur kita demi kesehatan di masa depan.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
Ibu. Belinda Agustya Pawidya Putri , M.Psi
Ibu. Belinda Agustya Pawidya Putri , M.Psi
Psikolog Anak
dr. Fitria , SpPD
dr. Fitria , SpPD
Penyakit Dalam
dr. Wahyu Sigit Purnomo , Sp.THT-KL
dr. Wahyu Sigit Purnomo , Sp.THT-KL
THT
dr. Amelia Fitria Dewi , Sp.PD
dr. Amelia Fitria Dewi , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Danang Tejo Pamungkas , SpOG
dr. Danang Tejo Pamungkas , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok