Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Hati-hati Konsumsi Vitamin Berlebihan, Bisa Pengaruhi Ginjal

17 Mar, 2022

SARIASIH.com  - Kondisi tubuh yang prima kala pandemi Covid 19 menjadi salah satu kebutuhan agar tidak mudah terserang penyakit. Melalui olahraga rutin dengan durasi yang cukup dapat meningkatkan imunitas tubuh seseorang.

Hanya saja, tidak setiap orang memiliki waktu yang cukup untuk mengolah tubuh agar prima. Kesibukan dan banyaknya pekerjaan melupakan olahraga sebagai salah satu kebutuhan utama bertahan dari serangan Covid 19.

Sebagian mereka memilih mengonsumsi vitamin untuk menjaga imunitas tubuh. Bukan langkah yang salah untuk melakukannya, hanya saja, mengonsumsi vitamin tanpa dosis yang tepat malah bisa menimbulkan keluhan baru bagi medis.

Dokter Gizi Klinik  Rumah Sakit Sari Asih Karawaci Dr Retno Kuntarti SpGK, menjelaskan jika mengonsumsi vitamin tertentu dengan dosis berlebihan akan menyebabkan gejala2 toksisitas atau kelainan lain
“Vitamin terdiri dari dua jenis, yaitu vitamin yang larut dalam udara dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin larut air akan dikeluarkan melalui ginjal, dan vitamin larut lemak dapat disimpan dalam hati dalam waktu yg lebih lama. Bila terlalu berlebihan konsumsi vitamin larut air dapat saja menimbulkan kelainan di ginjal misal terbentuk batu ginjal, sedangkan bila vitamin larut lemak lebih tinggi resiko utk terjadinya toksisitas"

Saat pandemi Covid 19 saat ini, sebagian masyarakat seakan berlomba membeli vitamin dengan jumlah banyak. Vitamin tersebut dikonsumsi sebagai upaya meningkatkan imunitas tubuh demi mencegah penyakit yang ditimbulkan.

Dr Retno Kuntarti SpGK , menyarankan utk meningkatkan imunitas tubuh, konsumsi vitamin A, C, D dan E dalam bentuk multivitamin bukan dalam dosis tunggal. Namun ia menyarakan mengonsumsi vitamin tersebut disesuaikan dengan kebutuhan angka kecukupan gizi yang kemudian ditambahkan dari bahan makanan sumber gizi yang mengandung vitamin tersebut.

“Baiknya sesuai kebutuhan saja dan utamakan dulu yang berasal dari sumber bahan makanan,” saran dr Retno Kuntarti SpGK.

Segera kunjungi fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Sari Asih terdekat untuk memastikan kesehatan anda.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Widyastuti, Sp.A
dr. Widyastuti, Sp.A
Anak
dr. Sri Mulyaningsih , Sp.KK
dr. Sri Mulyaningsih , Sp.KK
Kulit & Kelamin
dr. Teguh Risesa Djufri , spU
Urologi
dr. Fitria Chandra , SpS
dr. Fitria Chandra , SpS
Saraf
dr. Setiadi , Sp.An
dr. Setiadi , Sp.An
Anestesi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok