Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Hati-hati, Eksim Dapat Berisiko Pada Semua Orang

29 Aug, 2018

SARIASIH.com – Gatal, merah, kering hingga pecah-pecah merupakan salah satu gejala yang dialami oleh penderita eksim (Dermatitis). Hal tersebut terjadi karena adanya peradangan pada kulit lapisan luar atau epidermis. Kulit yang terkena eksim dapat mengakibatkan lepuhan, mengeluarkan cairan, berkerak dan mengelupas.

Eksim merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak diidap sebagian kalangan mulai dari bayi hingga manula. Namun eksim memiliki beberapa jenis dengan memiliki penyebabnya masing-masing.

Pertama, Eksim atopik. Kondis ini akan membuat kulit penderita menjadi ruam kemerahan yang diakibatkan faktor genetik atau keturunan. Jika yang mengidap bayi maka anggota tubuh yang menjadi tempat hadirnya eksim biasanya pada area wajah dan jika orang dewasa umumnya di daerah siku, pergelangan tangan dan kaki serta lutut bagian dalam.

Selain eksim atopik, orang dewasa juga berpeluang untuk menderita dengan jenis lainnya seperti, eksim kontak. Jenis ini terbagi menjadi dua bagian eksim kontak iritan dan eksim kontak alergi.  Kondisi kontak iritan banyak terjadi kepada para pekerja yang bergelut dibidang industri seperti pertambangan, sumber daya alam, manufaktur, dan pelayanan medis.

Jika kontak alergi biasanya akan menyerang individu yang bersentuhan dengan poison ivy (tumbuhan berjenis semak), poison oak, sabun, sampo, kosmetik, parfum atau lainnya. Semua orang berisiko mengalami eksim kontak iritan, namun jika eksim kontak alergi hanya pada orang-orang yang memiliki bakat alergi pada suatu zat yang mengenai tubuh penderita.

Jenis selanjutnya adalah eksim seboroik. Penyakit kulit ini pada umunya akan berada pada area tubuh yang berminyak seperti wajah, dada bagian atas, punggung, ketiak dan pangkal paha. Pada bagian kepala maka dampaknya akan berketombe dan bersisik.

Selain keturunan yang dapat menyasar pada generasi selanjutnya untuk mengidap eksim, ada beberapa faktor lain seperti stres, kontak dengan zat iritan, panas dan keringat, iklim yang dingin dan kering serta kulit yang kering.

Ketika eksim masih dalam tahap ringan maka pemakaian krim, lotion atau salep eksim dapat membantu menjaga kulit agar tetap lembab. Pemakaiannya dapat digunakan ketika setelah mandi dan minimal satu kali di setiap harinya.

Namun jika eksim berada pada area kepala maka gunakan gel metronidazole yang berfungsi untuk melawan bakteri atau sampo antijamur yang mengandung ketoconazole. Gunakan sampo tersebut dua hingga tiga kali seminggu.

Ketika dirasa eksim tidak hilang dalam jangka waktu yang lama, maka lakukan pemeriksaan dengan mendatangi dokter spesialis kulit dan kelamin, RS Sari Asih memiliki dokter yang kompeten dan ahli di bidangnya. Jadwal praktek dan booking dapat melalui www.sariasih.com.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Indra Cahya Kurnia , sp.U
dr. Indra Cahya Kurnia , sp.U
Urologi
dr. M Arif Rahman.AM , Sp.OG
dr. M Arif Rahman.AM , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Fiki Nurandani , SpOT
Ortopedi
dr. Fiola Yolanda , Sp.KK
Kulit & Kelamin
dr. Muhammad Ichsan Fachrudin Firdaus , SpBS
dr. Muhammad Ichsan Fachrudin Firdaus , SpBS
Bedah Saraf
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok