Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Hati-Hati Batu Saluran Kemih berisiko Turunkan Fungsi Ginjal

26 Dec, 2023

SARIASIH.com – Jika pernah mengalami buang air kecil berwarna merah, nyeri pada saat buang air kecil atau nyeri di daerah pinggang bagian belakang, bisa saja itu merupakan gejala “Batu Saluran Kemih”. Batu Saluran Kemih merupakan salah satu gangguan yang dapat teriadi pada saluran Kemih.

Dokter Spesialis Urologi RS Sari Asih Karawaci, Kota Tangerang, dr Septiani Hidianingsih, SpU, menyebutkan bahwa batu saluran kemih adalah batu yang terbentuk dari endapan mineral yang berada di saluran kemih akibat urin yang pekat.

Banyak faktor risiko yang menyebabkan batu saluran kemih. Dijelaskan dr Septiani Hidianingsih, SpU, faktor pertama penyebabnya adalah karena dehidrasi akibat kurang mengkonsumsi air putih. Sering menahan buang air kecil juga turut menyumbang faktor risiko penyakit ini.

“Faktor keturunan juga menjadi salah satu faktor penyebab penyakit ini berkembang menjadi terbentuknya batu pada saluran kemih,” ujar dr Septiani Hidianingsih, SpU.

Gejala umum yang kerap dirasakan pada penderita batu saluran kemih menurut dr Septiani Hidianingsih, SpU, biasanya nyeri pada pinggang dan urin yang bercampur darah dan yang terparah urin terkadang keluar batu, pasir dan menyebabkan mual dan muntah.

Penyakit batu saluran kemih dapat menjadi komplikasi penyakit yang lebih parah karena dapat menurunkan fungsi ginjal dan infeksi dikarena batu ginjal yang ada dalam saluran kemih mengandung banyak bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

Langkah-langkah untuk mencegah pembentukan batu saluran kemih termasuk mudah diantaranya minum banyak cairan (terutama air), mengurangi asupan garam dan protein hewani, dan mengonsumsi jumlah kalsium yang cukup melalui makanan daripada suplemen.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Septiani Hidianingsih , SpU
dr. Septiani Hidianingsih , SpU
Urologi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok