Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Gejala Stroke Yang Harus Di Waspadai

12 Sep, 2018

SARIASIH.com – Definisi Stroke menurut WHO adalah suatu keadaan dimana ditemukan tanda-tanda klinis yang berkembang cepat berupa defisit neurologik fokal dan global, yang dapat memberat dan berlangsung lama selama 24 jam atau lebih.

Akibatnya dapat menyebabkan kematian tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vascular. Stroke dapat terjadi apabila pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah sehingga sebagian otak tidak mendapatkan pasokan darah yang membawa oksigen yang diperlukan.

Di Indonesia khususnya, terdapat 80% masyarakat yang tidak mengetahui gejala penyakit ini, sehingga adanya keterlambatan membawa penderita stroke ke rumah sakit. Adapan gejala yang penting untuk diingat, pertama, gejala stroke sumbatan atau dikenal dengan singkatan SEGERA ke RS.

Pengertiannya yaitu SEnyum tidak simetris, GErakan tangan dan kaki menjadi lemah dan bicaRA menjadi pelo atau sluit bicara atau bicara tidak nyambung atau tidak mengerti kata-kata.

Gejala yang kedua, perdarahan, dimana adanya penurunan kesadaran, nyeri kepala hebat, kejang dan muntah tanpa didahului mual yang terjadi secara mendadak. Gejala SEGERA dapat pula ditemukan pada penderita stroke perdarahan.

Jika tanda-tanda tersebut terjadi, maka penderita perlu mendapatkan intervensi dokter spesialis bedah syaraf dengan segera. Jika terlambat lebih dari 3 – 4.5 jam, maka gejala stroke akan bertambah berat. RS Sari Asih memiliki dokter yang kompeten dan ahli di bidangnya. Jadwal praktek dan booking bisa di ketahui melalui situs www.sariasih.com.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
drg. Linna Zulvia
drg. Linna Zulvia
Gigi
dr. Harinto , Sp.B
dr. Harinto , Sp.B
Bedah Umum
dr. Hj.. Sylvia E. Nuruth , SpBP
dr. Hj.. Sylvia E. Nuruth , SpBP
Bedah Plastik
dr. Wijayaningrum , Sp.M
dr. Wijayaningrum , Sp.M
Mata
dr. Harry Mahathir Akip , SpJP
dr. Harry Mahathir Akip , SpJP
Jantung
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok