Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Gangguan Pendengaran: Gejala dan Penyebabnya

14 Nov, 2023

SARIASIH.com - Pendengaran normal melibatkan serangkaian tahapan yang kompleks, dimulai dari penangkapan gelombang suara oleh gendang telinga di telinga luar, lalu dihantar oleh tulang pendengaran di telinga tengah dan getaran suara tersebut diolah  menjadi sinyal listrik oleh koklea di telinga dalam. Kemudian sinyal listrik tersebut akan diteruskan melalui saraf pendengaran ke otak untuk diterjemahkan. 

Dijelaskan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT), RS Sari Asih Karawaci, Kota Tangerang, dr. Siti Meiridah Kurniati, Sp.THT, gangguan pendengaran merujuk pada kondisi di mana terjadi gangguan dalam fungsi normal mendengar. 

Gangguan pendengaran dapat disebabkan oleh : 

  1. Hambatan dalam penghantaran gelombang suara di telinga luar dan tengah. Keadaan ini akan menyebabkan tuli konduktif. Keadaan ini dapat disebabkan oleh: 
  • Penumpukan Kotoran Telinga hingga menyumbat liang telinga
  • Infeksi Telinga luar yg menyebabkan liang telinga bengkak (dan luka), penumpukan nanah, atau pecah gendang telinga akibat trauma (korek telinga, tertusuk sesuatu) atau benda asing (air, mainan, seranga)
  • Infeksi telinga tengah yg sering disebabkan oleh ISPA 
  1. Kelainan pada organ sensorik (koklea) dan serabut saraf pendengaran. Keadaan ini akan menyebabkan tuli sensorineural. Keadaan ini dapat disebabkan oleh: 
  • Paparan Suara Keras: Paparan berulang atau panjang pada suara keras dapat merusak sel-sel rambut di koklea (bagian telinga dalam yang bertanggung jawab untuk mengubah getaran suara menjadi sinyal saraf).
  • Proses Penuaan (Presbiakusis): Seiring bertambahnya usia, banyak orang mengalami penurunan alami dalam kemampuan pendengaran. Ini bisa terjadi karena perubahan pada struktur telinga atau kehilangan sel rambut di koklea.
  • Obat-Obatan Ototoksik: Beberapa obat, seperti antibiotik aminoglikosida, beberapa jenis diuretik, dan obat kemoterapi tertentu, dapat merusak sel-sel pendengaran dan menyebabkan gangguan pendengaran.
  • Cedera Kepala 

Gejala Gangguan Pendengaran 

Gejala gangguan pendengaran bisa bervariasi, mulai dari kesulitan mendengar dengan jelas hingga ketidakmampuan mendengar suara sama sekali. Gejala tersebut dapat melibatkan situasi seperti : 

  1. Kesulitan berkomunikasi dalam keramaian,
  2. Permintaan pengulangan pembicaraan,
  3. Peningkatan volume saat mendengarkan musik atau TV
  4. Kesulitan menggunakan perangkat telekomunikasi. 

Gangguan pendengaran dapat memiliki dampak signifikan pada kehidupan sehari-hari seseorang, termasuk aspek-aspek seperti komunikasi, pekerjaan, dan kehidupan sosial. 

Penting untuk memahami penyebab dan jenis gangguan pendengaran serta mencari bantuan medis untuk diagnosis dan manajemen yang tepat.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Siti Meiridah Kurniati , Sp.THT
dr. Siti Meiridah Kurniati , Sp.THT
THT
dr. Radian, SpTHT
dr. Radian, SpTHT
THT
dr. Hendrarto, Sp.THT
dr. Hendrarto, Sp.THT
THT
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok