Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Gangguan Metabolik Pengaruhi Penurunan Fungsi Dengar Pada Lansia

01 Apr, 2023

SARIASIH.com  - Gangguan fungsi dengar adalah kehilangan atau penurunan pendengaran pada salah satu atau dua telinga. Tingkat gangguan bisa digolongkan menjadi ringan, sedang, berat atau bahkan sangat berat.

Pada orang dewasa gangguan fungsi dengar memiliki dampak yang kurang baik dalam hal berkomunikasi. Hal ini bisa mengganggu fisik secara emosional dan hubungan sosial.

Jenis gangguan fungsi dengar adalah tuli sejak lahir (tuli kongenital), sumbatan serumen (kotoran telinga), otitis media supuratif kronik (congek), akibat bising dan karena lanjut usia (presbikusis).

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam  Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, dr. Panji Privan, SpPD , kemampuan sel untuk memperbaiki diri pada lansia yang menurun diiringi dengan munculnya penyakit-penyakit metabolik.

Efek ini dapat memicu kerusakan sel secara mikro, termasuk pendengaran sel-sel. Selain dipicu oleh penyakit metabolik, penurunan fungsi pendengaran juga dapat timbul dari mengkonsumsi obat-obatan yang bersifat ototoksik (memiliki efek samping).

“Penuan adalah proses alami, hanya saja derajatnya berbeda, ada yang sesuai waktunya ada juga yang lebih cepat. Hal itu diakibatkan oleh gaya hidup masing-masing dan beberapa penyakit yang sedang dialaminya,” ujar dr Panji.

Sedangkan penyakit metabolik merupakan penyakit gangguan pada tubuh yang dialami seseorang akibat proses metabolisme tubuhnya terganggu. Penyakit gangguan metabolik salah satunya diabetes, sakit jantung dan hipertensi.

Gangguan metabolik tersebut dijelaskan dr Panji dapat merangsang penuaan lebih dini terhadap fungsi sel maupun organ tubuh. Fungsi sel yang terganggu dapat mempengaruhi kerusakan saraf yang salah satunya adalah saraf pendengaran.

“Penyakit jantung salah satunya dapat merusak aliran darah ke pusat sehingga mempengaruhi aliran darah ke telinga hingga ke saraf lain yang mempengaruhi penglihatan sehingga bisa mengalami penurunan,” sebut dr Panji.

Sebagai upaya pencegahan dari dr Panji adalah menjalankan gaya hidup sehat semenjak muda seperti makan-makanan sehat bergizi dan rutin berolahraga. Boleh usia sama tua, hanya saja yang membedakan kualitas kesehatan tubuhnya berbeda. Kunjungi Rumah Sakit Sari Asih terdekat jika terjadi keluhan yang mengganggu kesehatan.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. H. Artisto Adi Yussac Muhammad , SpPD FINASIM
dr. H. Artisto Adi Yussac Muhammad , SpPD FINASIM
Penyakit Dalam
Dr. Linda Kurniaty Wijaya , SpPD
Dr. Linda Kurniaty Wijaya , SpPD
Penyakit Dalam
dr. Laras Budiyani , SpPD
dr. Laras Budiyani , SpPD
Penyakit Dalam
dr. Panji Privan , Sp.PD
dr. Panji Privan , Sp.PD
Penyakit Dalam
Dr. Prawitasari Eviarini , SpPD
Dr. Prawitasari Eviarini , SpPD
Penyakit Dalam
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok