Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cegah Flu dengan Vaksin Influenza

09 Nov, 2023

SARIASIH.com - Sudah mau akhir tahun nih. Pasti sudah merencanakan liburan menyenangkan bersama keluarga atau pasangan. Nah, jangan sampai liburan nanti terganggu sama flu ya. Ada baiknya melakukan medical check up terlebih dahulu dan vaksin influenza agar perjalanan liburan tidak terganggu.

Akhir tahun ini disebut bakal diiringi curah hujan yang cukup tinggi. Dalam kondisi berangin dan dingin, biasanya, diiringi juga dengan musim flu. Bagi yang memiliki imunitas kurang, penyakit flu biasanya mudah menyerang.

Agar semua itu tidak mengganggu acara liburan akhir tahun, ada baiknya mempertimbangkan untuk melakukan vaksin influenza. Vaksin influenza, juga dikenal sebagai vaksin flu, adalah jenis vaksin yang dirancang untuk melindungi seseorang dari infeksi virus influenza atau flu.

Virus influenza adalah virus yang menyebabkan penyakit pernapasan atau yang biasa disebut flu musiman. Flu ini dapat saling menularkan melalui droplet yang mengandung virus influenza yang kemudian akan menyebabkan penyakit.

Droplet ini disebarkan ketika orang tersebut batuk atau bersin. Droplet yang mengandung virus ini akan tersebar ke udara dan menyebar pada orang lain yang berada disekitarnya hingga radius 1 meter didekatnya.

Gejala yang dapat timbul seperti demam atau badan terasa panas dingin, batuk, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, nyeri tenggorokan dan pilek atau hidung tersumbat. Sementara, gejala flu ini dapat berlangsung 2-7 hari dan dapat membaik atau sembuh spontan.

Pada beberapa kasus, infeksi influenza bisa sangat serius dan berpotensi mengancam jiwa, terutama pada individu dengan risiko tinggi, seperti anak-anak, orang tua, dan individu dengan kondisi medis gangguan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Vaksin Influenza

Nah, vaksin influenza bekerja dengan memicu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi terhadap virus. Ketika seseorang divaksinasi, tubuh akan memproduksi antibodi yang dapat melawan virus influenza. Jadi, jika seseorang terpapar virus dikemudian hari, tubuh lebih siap untuk melawannya.

Memang, vaksin influenza bisa memiliki efek samping, akan tetapi efek sampingnya biasanya ringan dan sementara. Efek samping ini biasanya muncul dalam beberapa jam hingga beberapa hari setelah menerima vaksin dan biasanya berlangsung singkat. Ini adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang merespons vaksin dan membangun perlindungan terhadap virus influenza.

Efek samping serius dari vaksin influenza sangat jarang terjadi. Meski demikian, manfaat vaksin influenza dalam mencegah penyakit influenza jauh lebih besar daripada risiko potensial efek sampingnya.

Rekomendasi WHO

WHO sendiri telah merekomendasikan vaksin influenza untuk masyarakan di Indonesia. Dimana kondisi geografis Indonesia sangat mendukung penyebaran virus. Dan vaksin influenza adalah alat yang efektif dalam melindungi diri kita dan masyarakat dari penyebaran virus influenza. Nah sudah siap liburan yah.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Astri Handayani , sp.PD
dr. Astri Handayani , sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Dedy Gunadi, Dr. Sp.A
dr. Dedy Gunadi, Dr. Sp.A
Anak
dr. Nanda Ladita , SpJP
dr. Nanda Ladita , SpJP
Jantung
dr. Suharto , Sp. THT
dr. Suharto , Sp. THT
THT
dr. Oktavian Irawadi Purba , Sp.OT
dr. Oktavian Irawadi Purba , Sp.OT
Ortopedi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok