Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cara Terhindar Vertigo Ketika Hamil

18 May, 2020

SARIASIH.com – Vertigo adalah salah satu keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil. Umumnya ibu akan merasa pusing, meski terlihat sepele namun perlu diwaspadai karena hal tersebut cukup berbahaya. Pusing yang dialami ibu akan bertambah parah dan umumnya juga disertai dengan mual dan muntah.

Ibu hamil yang mengalami vertigo dapat diakibatkan karena adanya tekanan darah menurun. Tekanan tersebut yang menyebabkan vertigo datang. Hipotensi atau tekanan darah rendah yang disertai dengan gangguan penglihatan menjadi ciri utama dari anemia pada ibu hamil. Kondisi anemia tersebut yang membuat ibu rentan mengalami vertigo.

Gula darah yang rendah juga menjadi hal yang perlu diwaspadai karena dapat membahayakan. Hipoglikemia atau gula darah yang rendah bisa menyebabkan veritigo. Pada saat itu kemampuan memompa darah kembali ke otak menjadi lebih cepat sehingga menimbulkan efek terjadinya pusing.

Pemicu lainnya ketika adanya perubahan gerakan posisi ibu secara mendakak, misalnya seperti ketika ibu melakukan perubahan dari posisi tegak menjadi menunduk secara tiba-tiba, bangun dari tidur tiba-tiba dan gerakan mendongakkan kepala.

Jika mengalami vertigo ketika hamil, upayakan tidak panik dan tetap tenang menghadapinya. Bisa dilanjutkan dengan membuat tubuh menjadi rileks dengan menjaga napas agar tetap teratur.

Cara-cara lain yang bisa dilakukan diantaranya bergerak secara perlahan, baik dari posisi duduk atau berbaring ke berdiri atau sebaliknya . Jika dalam pergerakan tersebut tubuh merasa goyang, segera duduk atau berbaring untuk menghindari jatuh hingga cedera.

Mungkin tanpa sadar ibu pernah berdiri dengan durasi yang lama. Upayakan hal tersebut untuk dihindari, namun jika kondisinya tidak memungkinkan untuk duduk, bisa dengan bergerak seperti jalan-jalan kecil untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah agar terhindar dari vertigo.

Jika vertigo muncul secara mendadak ketika ibu sedang berjalan atau berdiri, maka yang bisa ibu lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan posisi menundukkan kepala atau jongkok, kemudian tarik napas dan keluarkan secara perlahan.

Ibu juga harus memastikan jika kondisi perutnya tidak kosong. Jangan biarkan hal tersebut terjadi terlalu lama, karena itu usahakan untuk selalau membawa camilan sehat dengan kandungan yang kaya akan protein dan nutrisi untuk mengganjal perut sebelum waktu makan tiba.

Selain itu, ibu juga harus dalam keadaan terhidrasi dengan baik. Ibu harus meningkatkan jumlah konsumsi air terutama jika cuaca sedang panas. Dengan cara tersebut ibu dapat terhindar dari pusing dan vertigo.

Namun jika semua uoaya sudah dilakukan  dan vertigo masih terus muncul, maka segera lakukan konsultasi. Saat ini RS Sari Asih memiliki layanan konsultasi online yang bisa dimanfaatkan agar tetap sehat meski sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Layanan bisa ditemukan di sariasih.com atau jika terdapat beberapa pertanyaan yang ingin disampaikan dapat menghubungi nomer via WhatssApp di 0813 9966 3838. Konsultasi akan berjalan melalui video call, sehingga pasien tetap bisa bertatap muda dengan dokter yang dituju.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr.. Nabila Nur Bilqis Islamy , SpKJ
dr.. Nabila Nur Bilqis Islamy , SpKJ
Psikiatri
dr. S Harnel Kathin , SpA
dr. S Harnel Kathin , SpA
Anak
dr. Teguh Risesa Djufri , spU
Urologi
drg. Rinrin Farinia
drg. Rinrin Farinia
Gigi
dr. Mediana , Sp.THT
dr. Mediana , Sp.THT
THT
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok