Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cara Menjaga Kesehatan Mata Jika Menggunakan Softlens

18 Feb, 2020

SARIASIH.com – Softlens merupakan satu alat yang seringkali dijadikan sebagai penunjang penampilan. Adapula yang menggunakannya untuk menggantikan fungsi kacamata bagi yang memiliki masalah penglihatan.

Di balik keindahan desain yang diberikan, sesungguhnya softlens juga memiliki bahaya yang perlu disadari dan hindari. Mulai dari susah mendapatkan softlens yang cocok, tidak bisa menggunakannya, penglihatan kabur, mata merah hingga peradangan pada mata.

Dalam kondisi yang sudah cukup parah dapat mengakibatkan kebutaan jika tidak ditangani pihak medis segera mungkin. Pemakaian softlens yang sudah tidak sehat juga umumnya ditandai beberapa gejala seperti munculnya air mata berlebih, mata tidak merasa nyaman atau timbulnya kotoran mata.

Ada beberapa cara aman agar kesehatan mata terjaga meskipun menggunakan softlens, pertama, pastikan tangan bersih ketika pemakaian. Hal tersebut menjadi krusial, karena softlens bisa berubah menjadi tidak higienis jika disentuh dengan tangan yang kotor.

Kedua, menjaga kebersihan softlens. Karena softlens tidak bisa dibersihkan dengan sembarang air, maka gunakan larutan khusus softlens dan ikuti cara membersihkannya sesuai dengan instruksi pada kemasan. Ganti larutan tersebut tiga hari sekali dan jangan lupa untuk mencuci softlens tersebut.

Ketiga, lepas softlens sebelum tidur. Kejadian seseorang tertidur dengan softlens adalah hal yang tidak asing, padahal jika dilakukan maka bisa mengurangi oksigen yang masuk ke dalam mata dan panca indera tersebut juga berisiko mengalami infeksi.

Selain beberapa hal diatas, perlu diingat jika pemilihan softlens harusnya berdasarkan rekomendasi dokter mata. Terlebih bagi para pengguna yang baru pertama kali menggunakan softlens, maka perhatikan betul cara penggunaannya dan cara perawatan softlens yang dianjurkan.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Suharto , Sp. THT
dr. Suharto , Sp. THT
THT
dr. Wijayaningrum , Sp.M
dr. Wijayaningrum , Sp.M
Mata
dr. Rahmalia Gusdina , SpJP
dr. Rahmalia Gusdina , SpJP
Jantung
dr. Asih Yuliati , Sp.THT
dr. Asih Yuliati , Sp.THT
THT
dr. Dinar Handayani Asri Hariadi, , SpA
dr. Dinar Handayani Asri Hariadi, , SpA
Anak
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok