Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Akibat Terlalu Sering Menggunakan Masker

28 Apr, 2020

SARIASIH.com – Adanya kebijakan pemerintah terkait penggunaan masker setiap keluar rumah, membuat intensitas penggunaan masker sehari-hari jadi lebih meningkat. Karena masker bedah dan masker N95 diutamakan untuk petugas medis, sehingga masker kain dianggap bisa menjadi alternatif dipakai oleh masyarakat.

Karena penggunaannya terkadang dalam waktu yang lama dan terjadinya gesekan masker pada kulit wajah, tidak jarang membuat area tersebut justru mengalami iritasi bahkan terluka dan juga infeksi.

Peneliti dari University of Huddersfield di Inggris Prof Karen Ousey mengatakan, iritasi bisa terjadi saat pemakainya berkeringat. Terdapat anjuran jika perlu menggunakan krim wajah minimal 30 menit sebelum menggunakan masker.

Ada beberapa cara untuk menghindari kerusakan kulit akibat sering memakai masker, pertama, pilih masker dengan ukuran yang sesuai. Hal tersebut menjadi penting ketika memutuskan untuk membeli atau membuat masker.

Pastikan jika masker dapat menutup wajah bagian hidung dan mulut serta tidak boleh ada celah. Namun jika ukurannya terlalu sempit maka otomatis ketika menggunakan jadi tidak nyaman, kondisi tersebut justru akan membuat kulit tertekan dan iritasi.

Kedua, upayakan untuk melepas masker setiap dua jam sekali. Penggunaan masker tentunya akan membuat kulit wajah terasa panas dan pada akhirnya wajah memproduksi minyak dan keringat. Pada saat itu, minyak akan menutup pori-pori sehingga menimbulkan komedo hingga jerawat.

Pelepasan masker menjadi hal yang penting untuk megurangi dan membersihkan kotoran hingga keringat yang ada di wajah. Karena itu, cari tempat yang bersih dan aman agar bisa membuka masker atau jika perlu menggantinya dengan stok masker yang lain.

Ketiga, membersihkan wajah secara rutin. Dampak dari menggunakan masker adalah tumbuhnya komedo dan jerawat, sehingga setelah pemakaian, membersihkan wajah secara rutin dapat meminimalisir iritasi tersebut.

Keempat, menggunakan pelembab sebelum menggunakan masker. Kondisi kulit yang kering akan sangat mudah iritasi, terlebih dengan adanya gesekan dari masker. Sehingga penting sifatnya kulit wajah dapat terhidrasi dengan baik dengan menggunakan pelembab terlebih dahulu.

Kelima, segera ganti masker jika sudah kotor atau sobek. Kotoran yang menempel pada masker akan berpindah ke kulit wajah, hal tersebut berisiko terjadinya infeksi. Sehingga mengganti masker secara berkala dapat meminimalisir hal tersebut terjadi.

Meski menggunakan masker dapat menangkal virus yang akan masuk ke hidung dan mulut, namun satu-satunya cara yang efektif untuk memutus penularan COVID-19 adalah tetap di rumah dan jika merasa perlu untuk mengetahui apakah tubuh terinfeksi COVID-19 atau tidak, kini RS Sari Asih Ciputat dan RS Sari Asih Cipondoh memiliki Drive Thru Rapid Test yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemeriksaan.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

RS Sari Asih Ciputat (081 6191 3838)

RS Sari Asih Cipondoh (081 1987 3838)

RS Sari Asih Serang (085777548738)

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Sudin Sitanggang , Sp.S
dr. Sudin Sitanggang , Sp.S
Saraf
dr. Adjie Pratignyo, Sp.B
dr. Adjie Pratignyo, Sp.B
Bedah Umum
dr. Yoga Hadi Nugroho , SpDV
dr. Yoga Hadi Nugroho , SpDV
Kulit & Kelamin
dr. I.K Astuti. Dr. Sp.P
dr. I.K Astuti. Dr. Sp.P
Paru
dr. Danang Tejo Pamungkas , SpOG
dr. Danang Tejo Pamungkas , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok