Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cara Menghindari Penularan ISPA

17 Feb, 2020

SARIASIH.com – Infeksi saluran pernapasan akut (ISP) adalah permasalahan kesehatan yang dapat diidap oleh semua golongan terutama anak-anak dan lansia. Umumnya ISPA akan menimbulkan gejala seperti batuk, pilek dan disertai dengan demam.

Secara pengertian, ISPA terjadi karena adanya peradangan pada saluran pernapasan bagian atas. Hidung, sinus, faring dan laring adalan bagian saluran pernapasan yang terkena akibat penyakit tersebut.

ISPA disebabkan oleh adanya virus dan bakteri. Jika terserang kedua hal tersebut maka penderita akan mengalami pilek dan pneumonia.

Virus rhinovirus dan coronavirus adalah virus utama. Hal tersebut bisa didapatkan melalui bersin atau batuk, adanya kontak dengan orang yang sudah terinfeksi atau melalui barang-barang yang sudah terkontaminasi karena virus bisa hidup selama berjam-jam pada objek seperti mainan atau tas.

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari penularan ISPA atau justru menyebarkan virus kepada orang lain jika memilikinya, pertama, usahakan tetap dirumah jika kondisi tubuh sedang tidak fit.

Meskipun yang diderita pilek atau flu atau bahkan infeksi saluran pernapasan lainnya maka lebih baik langsung segera mendapatkan pertolongan dokter. Untuk masa penyembuhan bisa berada di rumah hingga keadaan menjadi lebih baik. Hal tersebut untuk menghindari adanya penularan atau penyebaran infeksi virus ke orang lain.

Kedua, melakukan vaksin flu. Terdapat beberapa orang yang memiliki tingkat imunitas rendah sehingga rutin melakukan vaksin flu tiap satu tahun sekali bisa mencegah terkena serangan flu. Selain melindungi dari infeksi, dengan vaksin juga bisa mengurangi jumlah orang yang terkena infeksi dan menularkannya kepada orang lain.

Ketiga, menjaga kebersihan. Selain mengonsumsi obat, pencegahan ISPA bisa dengan menjaga kebersihan diri sendiri. Sering mencuci tangan, menutup mulut dengan sapu tangan ketika hendak bersin atau batuk dan hindari menyentuh mulut dan mata adalah beberapa cara untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh.

Jika mengalami hal tersebut atau sekedar hanya ingin berkonsultasi terkait kesehatan paru, ada baiknya untuk langsung menemui dokter spesialis paru di RS Sari Asih Cipondoh. Untuk mengetahui jadwal dokter bisa mengakses www.sariasih.com atau mehubungi nomer 021-22263738.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Mochamad Renaldi , SpjP,FIHA
dr. Mochamad Renaldi , SpjP,FIHA
Jantung
dr. Estu Ratnangganajati , Sp.KK
dr. Estu Ratnangganajati , Sp.KK
Kulit & Kelamin
drg. Dessy Rosmelita , sp.Perio
drg. Dessy Rosmelita , sp.Perio
Gigi
dr. Nadia Octarya , SpOG
dr. Nadia Octarya , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr. H. Didik Wijayanto, Sp.A
dr. H. Didik Wijayanto, Sp.A
Anak
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok