Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cara Menghilangkan Bau Badan

09 Jun, 2020

SARIASIH.com -  Bau badan seringkali membuat suasana mood menjadi rusak, mulai dari tidak percaya diri hingga menghindari berinteraksi dengan orang lain. Hal tersebut juga tentunya membuat aktivitas yang dijalani tersa tidak nyaman sepanjang hari.

Banyak yang beranggapan jika bau badan dihasilkan dari keringat seseorang. Faktanya keringat tidak memiliki bau. Bau badan terjadi saat bakteri yang ada didalam kulit berkembang biak dan menggandakan dirinya di dalam air keringat.

Bakteri tersebut yang mengubah air keringat menjadi asam dan akhirnya menimbulkan aroma yang tidak sedap. Faktor makanan juga menjadi penyebab dari bau badan, seperti sering mengonsumsi bawang putih, daging merah hingga makanan pedas.

Selain itu, sayuran yang tergolong dalam keluarga Brassicaceae seperti brokoli, kembang kol dan kale juga bisa memicu terjadinya bau badan. Jenis sayuran tersebut mengandung belerang yang akan terurai menjadi hidrogen sulfida berbau busuk.

Bukan berarti adanya pelarangan mengonsumsinya, sayur tersebut masih bisa menjadi asupan yang baik bagi tubuh asal tetap dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengontrol badan agar bisa kembali percaya diri, pertama, mandi secara teratur. Mandi dua hari sekali adalah cara yang paling mudah untuk menghilangkan bau badan.

Pastikan bagian tubuh yang kerap menimbulkan bau badan dibasuh dengan bersih. Mandi dengan air hangat juga dipercaya dapat membunuh bakteri yang ada di kulit.

Kedua, menggunakan sabun antibakteri. Jika merasa tubuh sudah bersih setelah menggunakan sabun yang disukai namun bau badan tetap muncul, maka coba ganti sabun dengan yang dilengapi antibakteri.

Jenis sabun tersebut dapat memngendalikan bakteri yang menjadi penyebab bau badan, sehingga bau yang dihasilkan paling tidak bisa berkurang.

Ketiga, pilih pakaian yang tepat. Pakaian dengan jenis bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik bisa mengurangi potensi keringat berlebih. Dengan begitu kulit akan bisa lebih bernapas dan bau bada bisa dihindari.

Jika cara-cara menghilangkan bau badan seperti yang disebutkan belum juga berhasil dan terasa semakin mengganggu, maka konsultasikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Sari Asih terdekat. Kini tidak perlu khawatir untuk berobat di rumah sakit, RS Sari Asih menerapkan protokol kesehatan mulai dari kedatangan pasien hingga ketika konsultasi dengan dokter.

Selain itu, RS Sari Asih juga memiliki layanan konsultasi online yang bisa dimanfaatkan untuk menanyakan keluhan yang dialami tanpa perlu keluar rumah. Layanan tersebut bisa ditemui di sariasih.com dan aplikasi Sari Asih Online.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Hasni Kemala Sari,dr.SpOG
dr. Hasni Kemala Sari,dr.SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Roefmilina M , SpOG
dr. Roefmilina M , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Adimas Fajar Hartono , SpAN
dr. Adimas Fajar Hartono , SpAN
Anestesi
dr. Indra Wahyu Ali , Sp.KO,Sp.OG
dr. Indra Wahyu Ali , Sp.KO,Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Dandy Utama Jaya , SpA, M.Kes
dr. Dandy Utama Jaya , SpA, M.Kes
Anak
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok