Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cara Mengatasi Mimisan

17 Feb, 2020

SARIASIH.com – Mimisan seringkali datang ketika kondisi tidak tepat. Hal tersebut juga terkadang membuat penderitanya panik dan bingung untuk mengatasi agar darah yang mengalir dari hidung bisa berhenti.

Darah bisa keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung dengan durasi yang berbeda-beda. Ada yang mengalaminya hanya beberapa detik namun ada juga yang lebih dari dua puluh menit.

Umumnya mimisan dialami oleh anak-anak berusia tiga sampai sepuluh tahun, lansia, wanita hamil, penderita kelainan darah dan orang yang mengonsumsi obat pengencer darah.

Udara yang kering dan kebiasaan mengorek hidung adalah hal yang bisa memicu terjadinya mimisan. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah halus di dalam hidung pecah sehingga terjadi perdarahan.

Jika mimisan terjadi dirumah, maka ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasinya, pertama, duduk tegak. Tingginya tingkat kebingungan pada kondisi tersebut terkadang membuat penderita justru mengambil posisi berbaring atau menengadahkan kepalanya ke belakang.

Padahal posisi tersebut salah bahkan tidak dianjurkan. Adapun cara yang benar adalah duduk dengan posisi tegak dan mengarahkan tubuh sedikit ke depan. Sikap tersebut dapat mencegah darah kembali ke hidung atau saluran napas

Kedua, pencet cuping. Ketika darah tidak kunjung berhenti, pencet cuping dengan menggunakan ibu jari selama sepuluh menit. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan penekanan pembuluh darah agar mimisan berhenti lebih cepat. Pada saat itu, bernapas bisa melalui mulut terlebih dahulu.

Ketiga, jangan bersin. Darah yang keluar dari hidung ketika bersin atau dikeluarakan secara senagaja akan membuat mimisan akan sulit berhenti dan merangsang darah yang sudah mulai mengering kembali terus mengalir.

Keempat, kompres dingin. Untuk memperlambat perdarahan bisa menggunakan es batu yang dibungkus dengan kain lembut atau handuk, kemudian tempelkan ke hidung. Meskin begitu, jangan menempelkan es batu ke hidung secara langsung.

Kelima, jika dirasa darah terus mengalir hingga lebih dari dua puluh menit, maka ada baiknya langsung mendapatkan penanganan medis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika mengalami hal diatas jangan ragu untuk mendatangi RS Sari Asih Cipondoh sebagai pertolonagn pertama. Jika ingin mengetahui jadwal dokter yang ingin dituju bisa mengakses www.sariasih.com atau mehubungi nomer 021-22263738.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
drg. Rahmadani
drg. Rahmadani
Gigi
dr. Fiola Yolanda , Sp.KK
Kulit & Kelamin
dr. Setiagung Ambari Bowo , Sp.BP-RE
Bedah Plastik
drg. Achmad Royhan , Sp.Pros
drg. Achmad Royhan , Sp.Pros
Gigi Prostodonti
dr. Miky Akbar, M.Ked (Ped) , SpA
Anak
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok