Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cara Membuat Disinfektan Ala Rumahan

30 Mar, 2020

SARIASIH.com – Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk terhindar dari penyebaran virus corona atau COVID-19, salah satunya dengan membuat disinfektan. Disinfektan adalah cairan pembersih yang umumnya dibuat dari hidrogen peroksida, creosote atau alkohol.

Tujuannya adalah untuk membunuh bakteri, virus, kuman dan mikroorganisme berbahaya lainnya yang terdapat pada ruangan atau permukaan benda mati. Selian itu disinfektan juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan benda-benda yang paling sering disentuh orang banyak seperti gagang pintu, meja, kursi, tombol pada elevator dan lain-lain.

Kandungan chlorin yang aadavberfungsi untuk membunuh virus, termasuk virus Corona. Sesungguhnya disinfektan bisa dibuat dirumah dengan menggunkaan produk pembersih rumah tangga.

Jenis disinfektan yang direkomendasikan adalah cairan pemutih yang mengandung natrium hipklorit atau cairan pembersih karbol yang mengandung benzalkonium klorida. Kedua produk tersebut dianggap ampuh untuk membunuh bakteri.

Meskipun kedua bahan tersebut sering digunakan namun tetap berisiko iritasi dan kerusakan pada kulit, sehingga penting untuk menambahkan air sebelum menggunakannya. Kedua campuran tersebut dianggap cukup untuk pembuatan disinfektan sehingga tidak perlu menambahkan bahan kimia lain karena dapat membahayakan.

Adapun alat-alat yang perlu dipersiapkan:

  • Botol semprot plastik
  • Botol dengan tutup
  • Kain lap
  • Sarung tangan
  • Masker

Bahan yang dibutuhkan

  • 2 sendok makan (30 ml) cairan pemutih atau cairan karbol untuk 1 liter air
  • Air bersih

Adapun cara pembuatannya pertama, tuangkan cairan pembersih atau cairan karbol ke dalam botol dengan hati-hati. Kemudian tambahkan air bersih dan aduk hingga tercampur dengan rata.

Kedua, tutup rapat botol lalu kocok secara perlahan agar cairan pemutih atau cairan karbol dapat tercampur sempurna dengan air.

Ketiga, jika cairan pemutih atau cairan karbol sudah tercampur rata dengan air, pindahkan ke botol semprot plastik agar lebih mudah digunakan.

Keempat, cairan disinfektan sudah siap digunakan. Dahului membersihkan area yang kotor dengan air atau sabun, setelah itu semprotkan disinfektan. Biarkan cairan mengering dengan udara atau bisa pula dibersihkan dengan kain lap kering.

 

Pada saat disinfeksi jangan lupa kenakan masker dan sarung tangan. Cairan disinfektan yang diencerkan hanya bertahan untuk 24 jam hal tersebut dikarenakan sifatnya yang tidak stabil. Sehingga ketika pembuatan ditujukan untuk kebutuhan satu hari saja dan tidak perlu dibuat terlalu banyak.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Indrianto , Sp.PD
dr. Indrianto , Sp.PD
Penyakit Dalam
drg. Esther Rotiur Regina Ria BR Hutagalung , Sp. PM
Penyakit Mulut
dr. Bimo Aryo Tejo,dr.SpKK
dr. Bimo Aryo Tejo,dr.SpKK
Kulit & Kelamin
dr. Imam Dirgantara , Sp.U
dr. Imam Dirgantara , Sp.U
Urologi
dr. Aiza Fitria, Dr. Sp.M
dr. Aiza Fitria, Dr. Sp.M
Mata
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok