Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cara Jaga Imunitas Di Era New Normal

09 Jun, 2020

SARIASiH.com – Pemerintah saat ini tengah mensosialisasikan new normal atau gaya hidup normal baru untuk menjadi rutinitas sehari-hari dalam rangka menghadapi COVID-19. Meski aktivitas secara perlahan akan kembali berjalan seperti biasa, namun masyarakat tetap perlu melakukan upaya pencegahan untuk menekan angka penyebaran virus.

Hal tersebut tentunya akan mengubah kebiasaan lama, seperti ketika pulang ke rumah harus segera mencuci tangan atau mandi hingga tidak ada kontak atau pelukan hangat jika bertemu dengan teman dan saudara.

Selain itu, kumpul-kumpul di kafe atau restoran barang tentu juga ada pembatasan agar tidak terjadinya kerumunan di suatu tempat. Dampak pandemi memang terasa sangat berat, terlebih bagi yang terbiasa bersosialisasi dan menyukai berkegiatan di luar rumah.

Namun jika dirasa hingga berlarut-larut, tentu akan menimbulkan stres dan sistem imun tubuh justru akan menurun. Untuk menghindarinya, ada kiat dan cara agar daya tahan tubuh tetap kuat, seperti kembali ke gaya hidup yang sehat.

Jika selama ini menyepelakan hal tersebut, sekarang saatnya untuk memilih hal yang bisa berdampak baik bagi tubuh. Garis pertahanan pertama untuk meningkatkan sistem imun sebenarnya adalah dengan memilih gaya hidup sehat.

Ketika sistem pertahanan tubuh bekerja dengan baik, maka tubuh tidak mudah diserang oleh virus. Coba mulai dari rutin mengonsumsi makanan sehat. Beberapa peneliti menunjukkan jika buah dan sayuran yang mengandung beta karoten, vitamin C dan vitamin E dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Sampai saat ini segala aktivitas masih dilakukan dari rumah, hal tersebut membuat jam tidur terkadang sering disepelekkan. Padahal, jika waktu tidur seseorang berkurang, maka akan meningkatkan munculnya risiko sebuah penyakit seperti jantung, alzheimer dan obesitas.

Untuk membuat tidur menjadi lebih berkualitas bisa dengan rutin berolahraga. Rasa letih yang dirasa mampu membuat tubuh mengantuk lebih awal dan terhindar dari insomnia.

Cara yang terakhir adalah mengelola stres. Banyak yang belum mengetahui sesungguhnya dampak stres bisa menimbulkan penyakit seperti sakit perut, gatal-gatal dan bahkan penyakit jantung.

Solusinya untuk terhindar dari hal tersebut adalah pengelolaan stres secara baik. Selain berdampak pada kesehatan mental, terhindar dari stres juga akan membuat sistem imun meningkat.

Jika saat ini sedang mengalami penurunan kesehatan, segera dapatkan penanganan medis di RS Sari Asih terdekat. Apabila tetap ingin berada di rumah, RS Sari Asih memiliki layanan konsultasi online.

Layanan ini bisa ditemukan di sariasih.com atau aplikasi Sari Asih Online. Ketika terdapat pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih dalam bisa menghubungi via WhatsApp di 0813-9966-3838.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Yurnita Arifin , Sp.THT-KL
dr. Yurnita Arifin , Sp.THT-KL
THT
dr. Dina Roeswita , SpJP, FIHA
dr. Dina Roeswita , SpJP, FIHA
Jantung
dr. Ni Ketut Prami R , Sp.A
dr. Ni Ketut Prami R , Sp.A
Anak
dr. Gustman Lumanda Sitanggang , SpOT
dr. Gustman Lumanda Sitanggang , SpOT
Ortopedi
dr. Septiani Hidianingsih , SpU
dr. Septiani Hidianingsih , SpU
Urologi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok