Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cara Efektif Mencegah Dehidrasi dan Heatstroke saat Cuaca Panas

18 Sep, 2023

SARIASIH.com - Cuaca terang seringkali memberikan kesempatan yang sempurna untuk menikmati cuaca yang hangat dan kegiatan luar ruangan yang menyenangkan. Namun, cuaca panas dan terik juga bisa menjadi tantangan bagi kesehatan jika tidak mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Dehidrasi dan heatstroke adalah dua masalah kesehatan yang umum terjadi saat cuaca panas bahkan ekstrim. Akan tetapi kita dapat menghindarinya dengan mengikuti beberapa panduan ini.

  1. Minum Banyak Air

Dehidrasi adalah salah satu bahaya utama saat cuaca panas. Pastikan untuk minum banyak air sepanjang hari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Jika merasa haus, jangan tunggu terlalu lama untuk minum. Air adalah sumber hidrasi terbaik, tetapi juga bisa mengonsumsi minuman elektrolit untuk menggantikan elektrolit yang hilang melalui keringat.

  1. Hindari Aktivitas Berat

Suhu biasanya mencapai puncaknya pada tengah hari. Hindari beraktivitas berat seperti jogging atau bekerja di luar ruangan yang melelahkan pada jam tersebut. Lebih baik lakukan aktivitas fisik pada pagi atau sore hari ketika suhu lebih nyaman.

  1. Pakaian yang Sesuai

Pilih pakaian yang longgar dan berbahan ringan seperti katun saat cuaca panas. Hindari pakaian gelap karena warna gelap dapat menyerap panas. Pakailah topi atau tutup kepala untuk melindungi wajah dan kepala dari sengatan sinar matahari langsung.

  1. Tabir Surya

Paparan sinar UV yang ekstrim bisa merusak kulit dan meningkatkan risiko heatstroke. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai dan ulas ulang setiap beberapa jam, terutama jika berada di luar ruangan.

  1. Istirahat dan Berteduh

Selama cuaca panas, penting untuk memberi tubuh istirahat yang cukup. Jika berada di bawah sinar matahari, cari tempat berteduh secara teratur untuk mendinginkan tubuh. Ini juga bisa membantu mencegah heatstroke.

  1. Gejala Dehidrasi dan Heatstroke

Pahami gejala dehidrasi (seperti mulut kering, mata kering, dan urin berwarna gelap) dan heatstroke (seperti pusing, mual, kulit kemerahan dan panas, atau hilangnya kesadaran). Jika anda atau seseorang yang anda kenal mengalami gejala-gejala ini, segeralah mencari pertolongan medis.

  1. Tetap Tenang dan Berhati-hati

Ketika cuaca sangat panas, yang paling penting adalah tetap tenang dan berhati-hati. Jika cuaca terlalu panas, pertimbangkan untuk tinggal di dalam ruangan dengan AC atau kipas angin. Jangan risikokan kesehatan dengan berlebihan beraktivitas di bawah terik matahari.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, semoga dapat mencegah dehidrasi dan heatstroke, dan tetap menikmati musim panas dengan aman dan nyaman.

 

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Fiki Apriliano Risenta , SpB
dr. Fiki Apriliano Risenta , SpB
Bedah Umum
drg. Ekasari , sp.BM
drg. Ekasari , sp.BM
Bedah Mulut
dr. Debi Febriani , Sp.P
dr. Debi Febriani , Sp.P
Paru
dr. Ahmad Irwan Rusmana , Sp.S
dr. Ahmad Irwan Rusmana , Sp.S
Saraf
dr. Dyan Novitalia , SpB
Bedah Umum
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok