Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cacar Air Bukan Penyakit Sepele

12 Sep, 2018

SARIASIH.com - Varicella atau dalam bahasa Indonesia Cacar Air adalah salah satu penyakit kulit yang umumnya terjadi pada anak-anak. Kondisi tersebut biasanya ditandai dengan demam tinggi dan terdapatnya ruam pada kulit. Sifatnya yang menular membuat setiap individu seharusnya sudah mendapatkan vaksinasi cacar air.

Tubuh orang dewasa yang belum mendapatkan vaksin juga berpeluang untuk terserang penyakit yang disebabkan virus Varicella Zoster ini. Setelah terpapar virus tersebut, biasanya juga akan dibarengi dengan hilanganya selera makan, sakit kepala hingga nyeri otot.

Cacar air adalah penyakit yang dapat menyebar. Hanya dengan menghirup udara akibat penderita batuk atau bersin hingga kontak langsung dengan  cairan yang dikeluarkan tubuh pengidap cacar air maka penularan akan sangat mudah terjadi.

Ada beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko tertularnya cacar air seperti memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, bekerja di tempat umum seperti di sekolah atau rumah sakit, satu rumah dengan penderita dan bayi yang baru lahir namun Si ibu belum menerima vaksin cacar air.

Pada anak, cacar air biasanya dimulai karena bintik merah yang berkembang menjadi lepuhan pada sebgain tubuh seperti perut, punggung dan wajah hingga menyebar ke area lainnya. Pola penyebaran dapat bervariasi pada setiap anak, ada yang masih dalam tahap ringan bahkan hingga lepuhan menutupi seluruh tubuh.

Jika sudah pernah mengalaminya, maka tidak lagi memerlukan vaksin cacar air. Kondisi tersebut biasanya membuat tubuh kebal terhadap virus yang dihasilan seumur hidup. Sangat mungkin untuk mendapatkan yang kedua, namun hal tersebut jarang terjadi.

Tidak ada obat khsusus yang dapat menyembukan cacar air, namun agar daya tahan tubuh dapat kembali normal dapat memperbanyak minum air putih, hindari makanan asin, tidak menggaruk bintil cacar air, mengonsumsi obat pereda sakit, neyri atau demam, dan dapat menggunakan sabun antiseptic.

Tingkat keamanan dan keefektifan vaksin telah di setujui oleh berbagai dokter. Dilansir dari Mayo Clinic sejak vaksin cacar air tersedia, penelitian secara konsisten menemukan bahwa hal tersebut dapat menjadi upaya pencegahan penyakit cacar air.

Jika Anda dan Si buah hati belum mendapatkan vaksin, segera datangi RS Sari Asih sebagai upaya sikap preventif dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jadwal praktek dan booking bisa di ketahui melalui situs www.sariasih.com.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
drg. Ni Wayan Rimatiara Wahyu Diana , SpPM
Penyakit Mulut
dr. Kharisma Wibawa Nurdin Putra , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Andri , Sp.Jp
Jantung
dr. Roefmilina M , SpOG
dr. Roefmilina M , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Astri Handayani , sp.PD
dr. Astri Handayani , sp.PD
Penyakit Dalam
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok