Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Bolehkah Berbuka Dengan Yang Pedas?

18 May, 2018

SARIASIH.com - Berbuka adalah waktu yang sangat ditunggu-tungu ketika berpuasa. Seakan semua hidangan rasanya ingin disantap, namun hati-hati jika mengonsumsi makanan yang sifatnya pedas, karena setelah seharian menahan lapar dan dahaga perut masih dalam kondisi kosong.

Menurut pakar kesehatan DR. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyatakan bahwa jika berbuka dengan yang pedas sebenarnya dibolehkan, yang dilarang jika mengonsumsi secara berlebihan.

Namun terkadang sebagian orang susah menahan rasa untuk ingin terus bertambah tingkat kepedasannya, hal ini dikarenakan cabai mengandung capsaicin sehingga membuat makanan terasa nikmat, segar dan mengaikabtkan nafsu makan meningkat.

Selain itu, capsaicin juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori menjadi lebih baik. Cabai juga berfungsi untuk memperlancar buang air besar saat berpuasa, karena aktivitas gerak dan konsusmsi minum yang cenderung kurang.

Bagi yang memiliki kondisi kesehatan stabil maka, mengonsumsi makanan pedas secara tidak berlebihan masih diperbolehkan. Karena sebenarnya cabai mengandung banyak nutrisi, antara lain serat, vitamin C, Vitamin A, mineral dan antioksidan.

Namun hal tersebut tidak berlaku jika yang mengonsumsi memiliki gangguan pencernaan, ada baiknya untuk menghindari. Karena jika mengonsumsi cabai yang berlebihan dapat memicu penyakit Maag.

Adapula yang akan mengalami diare dan bagi yang memiliki masalah wasir, dengan mengonsumsi makanan pedas bisa memicu sensasi panas pada anus dan bahkan pendarahan saat buang air besar.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika berbuka langsung dengan makanan pedas saat berbuka jika semuanya masih dalam tahap wajar. Karena anjuran Rasulullah SWT pun juga mengajarkan bahwa sesuatu yang berlebihan akan hanya menimbulkan permasalahan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makanlah dan minumlah, namun janganlah berlebi-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al A’raf:31).

Jika Anda mengalami masalah pencernaan, Anda bisa mendatangi RS Sari Asih untuk mendapatkan penganan yang lebih lanjut. Kami memiliki dokter yang kompeten dan ahli di bidangnya. Jadwal praktek dan booking bisa di ketahui melalui situs www.sariasih.com dan jika anda berlokasi di daerah Ciputat, RS. Sari Asih juga menyedikan nomer WhatsaApp 0815 8700 700 untuk memudahkan Anda menghubungi kami.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
Dr. Prawitasari Eviarini , SpPD
Dr. Prawitasari Eviarini , SpPD
Penyakit Dalam
dr. Johanes Berechmans P. R. , SpB
dr. Johanes Berechmans P. R. , SpB
Bedah Umum
dr. M Arif Rahman.AM , Sp.OG
dr. M Arif Rahman.AM , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Astri Handayani , sp.PD
dr. Astri Handayani , sp.PD
Penyakit Dalam
Dr. Kelvin Mandela , SpM
Dr. Kelvin Mandela , SpM
Mata
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok