Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Berpuasa Yang Sehat & Bugar

18 Apr, 2022

SARIASIH.com  - Dalam surat Al Baqaroh ayat 184 ALLAH SWT berfirman, “ ..... Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya. Agar mendapatkan manfaat kesehatan dari menjalankan puasa, dianjurkan paling sedikit kita menjalankan ibadah puasa 30-40 hari dalam setahun. Dan puasa dalam ilmu kedokteran dan kesehatan berarti mengistirahatkan pencernaan usus (usus) beserta enzim dan hormon, yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 14 jam.

Ada beberapa kiat selama berpuasa di bulan Romadhan yang sehat dan bugar yaitu, pertama jangan tinggalkan sahur. Dalam suatu hadist disebutkan bahwa “Bersabda Rasulullah SAW: “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar”. Mengapa sahur penting bagi kita yang menjalankan puasa? Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapat asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Untuk itu supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah yang cukup.Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis.

Yang kedua , jangan tunda berbuka . Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya energi kita terkuras, untuk memulihkan energi kembali, saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instant energi kita yang terkuras seharian, dan yang dianjurkan serta mengikuti sunnah Rasulullah SAW adalah dengan kurma dan air putih. Tetapi usahakan hindari minum es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal (perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak)

Dan ketiga , makanlah secara bertahap saat berbuka. Biasanya begitu mendengar bedug maghrib, tanpa menunggu lagi kita langsung menyajikan habis hidangan yang disediakan diatas meja. Ini bukanlah pola yang bagus untuk kesehatan, setelah seharian perut kita terisi dan organ cerna beristirahat, sebaiknya jangan langsung menyantap hidangan dalam jumlah besar.

Saat tiba waktu berbuka makan makanan manis, seperti kolak, atau minum teh hangat, istirahatkan sewaktu-waktu, bisa Anda gunakan jeda itu untuk menjalankan sholat maghrib sambil memberi waktu organ cerna kita menyesuaikan. Baru setelah sholat Anda dapat melanjutkan kembali makan makanan yang lebih berat seperti nasi dan lauk-pauknya. Dan setelah tarawih dilanjutkan lagi dengan sesi makan kecil atau camilan.

Kiat keempat adalah jangan tinggalkan olahraga. berolahraga puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Sebenarnya aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk urusan ini pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Lakukan olahraga menjelang waktu berbuka.

Menegakkan sholat tarawih selain ibadah juga sebagai sarana menjaga kebugaran jasmani karena saat melakukan sholat tarawih sama dengan membakar kalori.

Dan kiat sehat selama berpuasa yang kelima berhubungan dengan bebas bau mulut. Perlu diketahui bahwa berpuasa berarti tidak ada asupan melalui mulut sehingga tidak jarang malah menyebabkan bau mulut. Hindari menyantap hidangan yang beraroma 'aduhai' seperti petai, jengkol, bawang mentah pada saat bersantap sahur. Selesai makan sahur, minum air putih secukupnya.

Menggosok gigi dan menyikat lidah setelah makan dan ingin tidur. Dapat berkumur dengan larutan khusus (antiseptik) untuk menghilangkan bau mulut. Air rebusan daun sirih dapat digunakan untuk berkumur setelah makan sahur. Air rebusan sirih berfungsi sebagai antibakteri penyebab bau mulut

Yang terakhir, kiat keenam adalah konsumsi cukup air. Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari udara. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik setiap organ tubuh kita membutuhkan udara. Tanpa udara yang cukup tubuh akan mengalami gangguan.

Untuk itu perbanyak minum air untuk simpanan dalam tubuh supaya semua organ berfungsi dengan baik. Yang disebut air disini bukan hanya berupa air putih, tapi susu dan teh pun juga termasuk di dalamnya. Supaya kebutuhan tubuh tercukupi, aturlah agar Anda minum delapan gelas air sebelum menjalani puasa esok hari.

Cukup cairan, dengan minum kurang lebih 7-8 gelas sehari. Terdiri atas tiga gelas waktu sahur dan lima gelas dari buka sampai sebelum tidur. Porsi makan adalah 50 persen untuk berbuka, 10 persen setelah shalat tarawih, 40 persen pada waktu sahur.

 

Artikel ini ditulis Oleh:

dr. Yahmin Setiawan, MARS 

Rumah Sakit Sari Asih Serang

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Ika Fitrika , sp.KK
dr. Ika Fitrika , sp.KK
Kulit & Kelamin
dr. Hasni Kemala Sari,dr.SpOG
dr. Hasni Kemala Sari,dr.SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Etty Farida Mustifah , Sp.KK
dr. Etty Farida Mustifah , Sp.KK
Kulit & Kelamin
dr. Anggitya Rullantika,SpM
dr. Anggitya Rullantika,SpM
Mata
dr. Fiki Nurandani , SpOT
Ortopedi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok