Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Berpuasa Membuat Semakin Sehat

18 Apr, 2022

SARIASIH.com  - Puasa dalam ilmu kedokteran dan kesehatan berarti mengistirahatkan saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon, yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 14-18 jam.

Dalam surat Al Baqaroh ayat 184 ALLAH SWT berfirman, “ ..... Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya. Para ahli kedokteran sejak zaman dahulu sampai sekarang berusaha mengungkapkan manfaat berpuasa untuk kesehatan manusia, bahkan menjadikan puasa sebagai bagian dari pengobatan penyakit. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari menjalankan puasa dengan optimal, dianjurkan paling sedikit kita berpuasa selama 30-40 hari dalam setahun.

Menurut ilmu kedokteran dari beberapa penelitian, ternyata ditemukan beberapa manfaat berpuasa untuk kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Ketika seseorang berpuasa selama 12-14 jam, sesungguhnya tubuh kita dapat melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat / racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal. Proses detoksifikasi ini berlangsung secara optimal karena organ tubuh tidak dibebani untuk mengolah makanan yang kita masukan waktu siang hari atau cemilan lainnya. Zat-zat yang sudah tidak diperlukan lagi dalam tubuh kita (sisa dan sampah hasil metabolisme tubuh) seperti gula, kholesterol, trigleserida dan garam dapat dibuang dengan optimal sehingga tidak menimbulkan penyakit kencing manis dan darah tinggi.
  2. Selain proses detoksifikasi yang optimal, saat berpuasa, sel-sel dalam organ tubuh kita dapat melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik. Artinya sel-sel baru pada organ tubuh kita dapat terbentuk dengan baik dan pada akhirnya membuat organ tubuh kita menjadi “baru” dan lebih optimal bekerjanya. Hal ini menyebabkan kita menjadi awet muda.
  3. Orang yang berpuasa terutama dengan niat beribadah, dituntut dan dibiasakan untuk lebih sabar atau tidak mudah marah. Dengan lebih sabar, sesungguhnya kadar zat kathekolamin dalam tubuh kita akan rendah. Apabila kadar zat kathekolamin dalam tubuh kita tinggi, akan berakibat terjadinya peningkatan tekanan darah karena denyut jantung akan meningkat, pembuluh darah akan menyempit dan alirannya akan terhambat. Dengan tekanan darah yang semakin tinggi akan menyebabkan kemungkinan terjadinya stroke.

Dengan lebih sabar dan terus berdzikir kepada ALLAH SWT, sesungguhnya akan merangsang sistem imun atau kekebalan tubuh kita menjadi lebih kuat. Sehingga kita menjadi tidak mudah menjadi sakit.

  1. Dengan berperang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat. Sel-sel yang bertanggung jawab dalam sistem kekebalan tubuh spesifik kita bertambah banyak dan sel-sel kekebalan tubuh lainnya juga bertambah banyak. Hal-hal tersebut akan meningkatkan reaksi ketahanan tubuh terhadap berbagai penyakit.
  2. Bagi penderita sakit maag (dyspepsia fungsional), dengan berpuasa sesungguhnya akan menyembuhkan penyakitnya. Secara statistik, penderita sakit maag tipe fungsional (sebenarnya terjadi karena faktor stress, suka cemilan, makan tidak teratur dan merokok) lebih banyak dibandingkan penderita sakit maag tipe organik (terjadi karena memang ada luka di lambung atau saluran pencernaannya). Sehingga dengan menjalankan ibadah puasa, penderita sakit maag dapat sembuh dan terbebas dari keluhan yang dirasakannya.

Terbukti sudah, bahwa dengan berpuasa maka kita akan semakin sehat. Dan Rasulullah Nabi Muhammad SAW pernah merindukan, “ Berpuasalah, maka engkau akan sehat (HR. Thabrani) ”. Semoga keyakinan kita semakin kuat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Romadhon dan menjalankan ibadah puasa dengan baik dan tepat.

Artikel ini ditulis oleh :

dr. Yahmin Setiawan, MARS

Rumah Sakit Sari Asih Serang

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Dhika Prabu Armadhanu, Dr. Sp.OG
dr. Dhika Prabu Armadhanu, Dr. Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
drg. Asoh Khulasoh
drg. Asoh Khulasoh
Gigi
dr. Jaya Supriyanto , SpAn
dr. Jaya Supriyanto , SpAn
Anestesi
dr. Sri Istianah , drg
Gigi
dr. Wahyu Sigit Purnomo , Sp.THT-KL
dr. Wahyu Sigit Purnomo , Sp.THT-KL
THT
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok