Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Berikut Jenis Olahraga yang Membantu Perpanjang Usia

11 Aug, 2023

SARIASIH.com – Banyak jenis olahraga yang dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan dan panjang usia. Meski demikian faktor-faktor lain seperti pola makan, gaya hidup secara keseluruhan, dan faktor genetik juga memainkan peran penting dalam menentukan harapan hidup.

Berdasar studi yang diterbitkan  Journal of Aging and Physical Activity menganalisis data dari studi Objective Physical Activity and Cardiovascular Health (OPACH), ditemukan kaitan aktivitas fisik dapat membantu memperpanjang usia.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang sering dikaitkan dengan peningkatan kesehatan dan potensi panjang usia:

  1. Berjalan Kaki: Berjalan kaki adalah bentuk olahraga ringan yang dapat dilakukan hampir oleh semua orang. Ini membantu meningkatkan kesehatan jantung, menjaga berat badan, dan meningkatkan sirkulasi.
  2. Bersepeda: Bersepeda adalah olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular. Ini juga mengurangi stres pada sendi dibandingkan dengan olahraga berat seperti lari.
  3. Berlari: Lari dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan kesehatan jantung. Bagi mereka yang secara rutin dan dengan benar melatihnya, lari dapat menjadi komponen yang kuat dalam gaya hidup sehat.
  4. Renang: Renang melibatkan hampir seluruh tubuh, membantu membangun kekuatan otot, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan membantu menjaga fleksibilitas.
  5. Tai Chi: Tai Chi adalah bentuk olahraga yang berfokus pada gerakan yang lambat, lembut, dan terkontrol. Ini membantu meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan relaksasi.
  6. Yoga: Yoga melibatkan gerakan tubuh yang dikombinasikan dengan pernapasan dan meditasi. Ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan otot, serta membantu mengurangi stres dan kecemasan.
  7. Latihan Kekuatan: Latihan kekuatan seperti angkat beban atau latihan tubuh menggunakan berat badan dapat membantu membangun massa otot, menjaga kepadatan tulang, dan meningkatkan metabolisme.
  8. Latihan Kardiovaskular Rutin: Bentuk latihan kardiovaskular seperti aerobik, zumba, atau latihan interval intensitas tinggi (HIIT) dapat membantu meningkatkan kapasitas kardiorespirasi dan kesehatan jantung.

Namun perlu diingat bahwa sebelum memulai program olahraga baru, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan, terutama jika memiliki kondisi medis tertentu. Pemilihan olahraga harus disesuaikan dengan kemampuan fisik anda sendiri.

Konsistensi dan penggabungan olahraga dengan gaya hidup sehat secara keseluruhan akan lebih efektif dalam membantu anda mencapai kesehatan yang lebih baik dan memungkinkan menjalani hidup yang lebih panjang.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Setiadi , Sp.An
dr. Setiadi , Sp.An
Anestesi
dr. Harry Mahathir Akip , SpJP
dr. Harry Mahathir Akip , SpJP
Jantung
dr. Ika Fitrika , sp.KK
dr. Ika Fitrika , sp.KK
Kulit & Kelamin
dr. Minanul Hakim , Sp.B
dr. Minanul Hakim , Sp.B
Bedah Umum
dr. Mohammad Afien Mukti , Sp.P
dr. Mohammad Afien Mukti , Sp.P
Paru
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok