Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Benarkah Wortel Bisa Perbaiki Mata Minus?

25 Sep, 2023

SARIASIH.com - Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk mempertahankan penglihatan yang baik sepanjang hidup. Beberapa nutrisi dan makanan tertentu dapat membantu mendukung kesehatan mata.

Beberapa yang berkembang di masyarakat saat ini adalah terkait wortel. Banyak masyarakat percaya mengonsumsi wortel dapat memperbaiki mata yang minus. Apakah benar adanya? Dokter Spesialis Mata, RS Sari Asih Cipondoh, Kota Tangerang, dr. Fitri Wisnuwardani, SpM, memberikan penjelasan bahwa mata yang minus tidak dapat diperbaiki dengan mengonsumsi wortel.

“Wortel tidak dapat mengubah bentuk mata. Karena pada penderita mata minus dia memiliki bentuk bola mata yang lebih panjang daripada mata normal. Jadi sebanyak apapun mengonsumsi wortel maka tidak akan mengurangi panjang bola mata penderita mata minus,” ujar dr. Fitri Wisnuwardani, SpM.

Menurutnya, wortel memang dikenal sebagai sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan mata, karena memiliki kandungan karotenoid yang dapat mempertajam penglihatan. Namun wortel bukanlah solusi untuk mengurangi mata minus.

Berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan mata terlebih jika sudah berada di atas usia 40 tahun ; 

  1. Pemeriksaan Mata Rutin: Penting untuk menjalani pemeriksaan mata rutin dengan dokter mata setidaknya sekali setahun, terlebih lagi jika memiliki riwayat masalah mata atau memiliki penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi. 
  1. Melindungi Mata dari Sinar UV: Saat berada di bawah sinar matahari, kenakan kacamata hitam yang melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV). Paparan berlebihan terhadap sinar UV dapat meningkatkan risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula. 
  1. Istirahatkan Mata: Jika bekerja di depan komputer atau layar digital dalam waktu yang lama, pastikan untuk mengambil istirahat sesekali. Lakukan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit, melihat objek yang berjarak 20 kaki atau 6 meter selama setidaknya 20 detik. 
  1. Konsumsi Makanan Sehat: Seperti yang disebutkan sebelumnya, makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan, ikan berlemak, telur, dan makanan kaya antioksidan lainnya dapat mendukung kesehatan mata. 
  1. Hindari Merokok: Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit mata serius seperti degenerasi makula dan katarak. Jika merokok, pertimbangkan untuk berhenti. 
  1. Gunakan Proteksi Mata Saat Bekerja: Jika berada dalam lingkungan kerja yang berisiko tinggi untuk cedera mata, seperti konstruksi atau laboratorium, pastikan untuk menggunakan pelindung mata yang sesuai.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. M. Wawan Kurniawan , Sp.P
dr. M. Wawan Kurniawan , Sp.P
Paru
dr. Radian, SpTHT
dr. Radian, SpTHT
THT
Dr. Prawitasari Eviarini , SpPD
Dr. Prawitasari Eviarini , SpPD
Penyakit Dalam
dr. Djaya Perdana , SpB
dr. Djaya Perdana , SpB
Bedah Umum
dr. Rina Katharina , Sp. KFR
Rehabilitasi Medik
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok