Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Beberapa Penyakit Yang Rentan Menyerang Di Musim Kemarau

18 Feb, 2020

SARIASIH.com - Ketika musim kemarau datang, maka secara otomatis kondisi udara turut menjadi lebih panas. Hal tersebut juga membuat daya tahan tubuh seseorang menurun, sehingga sangat mudah bagi virus-virus pembawa penyakit untuk menyerang manusia.

Selain itu, faktor kondisi sekitar seperti udara kering, sumber air berkurang, banyaknya lalat dan debu yang berterbangan juga membuat lingkungan menjadI tidak sehat. Inilah yang menyebabkan beberapa penyakit marak di iklim seperti ini.

Menurut kalangan medis, terdapat beberapa ganGguan kesehatan yang perlu diwaspadai saat musim kemarau, pertama, penyakit kulit. Salah satu yang menjadi dampaknya adalah kulit bereaksi terhadap perubahan cuaca dengan menjadi lebih mudah kering. Cara untuk mengatasinya hanya peru mandi secara teratur dan mempraktikkan kebersihan yang benar.

Kedua, diare. Berkurangnya pasokan air bersih sesungguhnya dapat mengganggu aktivitas seperti proses pencucian makanan dan peralatannya, sehingga kondisi santapan kurang higienis dan menjadi pemicu diare.

Sangat mudah agar terhindar dar gangguan kesehatan tersebut, hanya perlu mengonsumsi makanan yang diolah sendiri dan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun pada beberapa momen seperti kegiatan yang berhubungan dengan santap menyantap dan setelah dari toilet.

Ketiga, sakit mata. Udara yang kering kala di musim panas membuat mata rentan terhadap debu dan polusi udara. Hal tersebut menitik beratkan untuk mengurangi intensitas kontak tangan ke mata demi menjaga kebersihan indera pengelihatan. Jika mata dirasa begitu kering, diperolehkan untuk memakai air mata buatan yang bisa didapat di pasaran tanpa harus menggunakan resep

Kempat, infeksi saluran pernapasan atas. Selain debu-debu bertebaran yang menjadi pemicunya, kebiasaan dengan mengonsumsi minuman ketika menghadapi cuaca siang yang terik juga dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran pernapasan atas.

Setelah itu muncullah beberapa penyakit seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan sebagainya. Ada baiknya untk menggunakan masker ketika berada di luar ruangan dan menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi tempat debu dan kuman bersarang.

Musim kemarau memang membuat kondisi lingkungan menjadi kurang nyaman, namun hal tersebut bisa dihadapi dengan memperhatikan tingkat kebersihan yang berawal dari rumah agar terhindar dari berbagai penyakit.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Eko Saputra , Sp.JP
dr. Eko Saputra , Sp.JP
Jantung
dr. L. Eka Purwani , SpGK
dr. L. Eka Purwani , SpGK
Gizi
dr. M. Wawan Kurniawan , Sp.P
dr. M. Wawan Kurniawan , Sp.P
Paru
drg. Ikrimah
drg. Ikrimah
Gigi
dr. Yulia Lukita Dewanti , M.Ked (Ped), SpA
dr. Yulia Lukita Dewanti , M.Ked (Ped), SpA
Anak
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok