Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Beberapa Penyakit Yang Berhubungan Dengan Rahim

09 Jun, 2020

SARIASIH.com – Semua wanita tentunya berharap jika kondisi rahimnya sehat dan dapat berfungsi sesuai dengan semestinya. Rahim bagi perempuan berperan penting dalam aktivitas intim, produksi, dan perkembangan sel telur, menstruasi, kehamilan hingga proses persalinan.

Namun pada kasus tertentu, rahim dapat bermasalah dengan menimbulkan ciri, diantaranya rasa nyeri pada rahim, perdarahan vagina yang tidak wajar, siklus haid tidak teratur, rasa nyeri ketika berhubungan suami istri hingga frekuensi buang air kecil meningkat.

Hal tersebut dapat terjadi dengan kondisi yang berbeda dari satu perempuan ke perempuan yang lain. Selain itu, tentunya dapat pula dipengaruhi dari seberapa parah kondisi yang diderita. Ada beberapa penyakit atau infeksi yang perlu diwaspadai oleh perempuan seperti fibroid rahim.

Umumnya masyarakat lebih mengenal dengan sebutan mioma. Penderita akan mengalami adanya tumor jinak yang tumbuh di rahim. Ukurannya sangat bervariasi, mulai dari yang tidak dapat terdeteksi oleh mata hingga ukurannya yang besar.

Pada beberapa orang, fibroid dapat muncul di dalam rahim. Dampak yang dihasilkan mampu memperlebar organ tersebut hingga mencapai tulang rusuk dan menambah berat rahim. Penyakit ini rentan dialami wanita dengan rentang usia 30 sampai 40-an.

Ada pula kista yang menjadi ciri jika rahim bermasalah.  Kondisi ini menimbulkan tumbuhnya kantung yang berisi cairan di permukaan atau bagian dalam rahim. Kista dapat muncul selama masa subur atau selama perempuan mengalami menstruasi.

Kebanyakan kasus, kista yang ada termasuk kategori tidak berbahaya, namun sayangnya hal tersebut tetap memilki risiko komplikasi.

PCOS atau polycystic ovary syndrome juga menjadi salah satu hal yang cukup banyak diderita oleh perempuan dalam masa subur. Penderita akan mengalami adanya gangguan menstruasi dan memiliki kadar hormon maskulin (hormone androgen) yang berlebihan.

Akibatnya, ovarium atau indung telur jadi lebih banyak memproduksi kantong-kantong berisi cairan sehingga membuat sel telur tidak bekembang sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur. PCOS dapat diatasi dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan bahkan bisa hilang dengan sendirinya.

Kondisi yang membuat rahim bermasalah lainnya adalah kanker rahim. Umumnya diderita oleh wanita yang sudah memasuki fase menopause atau berusia diatas 50 tahun. Kanker rahim merupakan kondisi serius karena adanya tumor ganas yang tumbuh di rahim.

Tumor tersebut dapat bersifat jinak atau ganas. Biasanya, penderita akan mengalami perdarahan dan tentunya perlu penanganan agar tidak menyebar luas.

Memang tidak semua masalah pada rahim dapat mengganggu kesuburan seorang perempuan, namun memang ada baiknya mengethui tingkat kesehatan rahim dengan menanyakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

RS Sari Asih memiliki dokter yang ahli dibidangnya, terlebih kini rumah sakit menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak perlu khawatir untuk konsultasi karena RS Sari Asih aman untuk dikunjungi.

Jika ingin membuat temu janji, klik sariasih.com atau melalui aplikasi  Sari Asih Online untuk mendapatkan hari dan tanggal yang sudah terkonfirmasi.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Harry Mahathir Akip , SpJP
dr. Harry Mahathir Akip , SpJP
Jantung
dr. Khalid Mohammad Shidiq , Sp.PD
dr. Khalid Mohammad Shidiq , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. M. Prechilian Lentera Sukma, , Sp.B
Bedah Umum
dr. Sandhi Ari Susanti , Sp.THT
dr. Sandhi Ari Susanti , Sp.THT
THT
dr. Eny Waeningsih , Sp.S ,M.Kes
dr. Eny Waeningsih , Sp.S ,M.Kes
Saraf
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok